Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Incident

Ini Penyebab Banjir Bandang di Cibingbin

KUNINGAN (Mass)- Kekhawatiran warga Kecamatan Cibingbin akan meluapnya sungai Cijangkelok akhir terbukti. Hujan besar yang mengguyur sejak jam 16.00 WIB  membuat air meluap pada sekitar jam 16.30 WIB.

Penyebab utama air meluap adalah sungai Cijangkelok sudah terjadi pendangkalan. Pihak Kecamatan dan pemdes yang terancam akan terkena banjir sudah mengajukan normalisasi sungai kepada pihak BBWS Cimanuk-Cisanggarung.

“Dua minggu lalu kami sudah lapor ke BBWS terkait rencana normalisasi. Kami bersama delapan desa lainnya sudah mengajukan proposal agar disetujui. Karena memang sudah sangat dangkal. Eh, belum juga disetujui sudah banjir beneran,” ucap Kaur Ekbang Desa Cibingbin Ade Abdul kepada Kuningan Mass, Minggu malam (22/1/2017).

Ia menyebutkan, bukan hanya terjadi pendangkalan tapi terjadi pengikisan bantaran sungai, dimana yang semula lebar 50 meter kini sudah menjadi 100 meter.

Pengajuan normalisasi bukan hanya agar ada pengerukan sungai tapi juga pengembalian aliran air. Sebab, ditengah sungai ketika musim kemarau kerap ditanami berbagai tumbuhan oleh warga, sehingga ketika datang hujan air berbelok arah.

Sementara itu, Camat Cibingbin Bagja Gumelar membenarkan enam desa yang terkena banjir. Mengenai pengajuan untuk normalisasi sungai memang sudah diajukan.

“Belum lama ini baru dibahas, ternyata sudah banjir. Mengeni laporan korban jiwa belum ada. Namun, kami berharap tidak ada,” ucapnya.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

 

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pasca tidak ada teror ke hewan ternak di Kecamatan Cibingbin, semua lega. Namun, kelegaan warga hanya sebentar karena serangan serupa terjadi...

Government

CIBINGBIN (MASS)- Wakil Bupati Kuningan HM Ridho Suganda SH MSi menutup secara resmi turnamen bola voli Cipondok Cup Tahun 2020. Bukan hanya menutup, sekaligus...

Government

KUNINGAN (MASS)- Duet Dadim 0615/Kuningan, Karter Joyi Lumi hadir bersama Kapolres Kuningan AKBP Lukmman Syafril Dandel Malik SIK Minggu (6/9/2020)  melakukan  Ubar (Ulin Bareng)...

Headline

otopsi mayat

Advertisement