Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Economics

Ingin Beli produk UKM Asal Cigugur? Cukup Datang ke Galeri Cekas

KUNINGAN (MASS) – Bupati Kuningan H Acep Purnama SH  MH meresmikan Galeri Cekas UKM Desa Cisantana Kecamatan Cigugur sekaligus Penandatanganan Prasati dan Penguntingan pita pada  Sabtu (13/2/2021).

Dalam sambutanya Bupati menyampaikan pandemi covid-19 berdampak kepada semua lapisan masyarakat. Dampak yang paling terasa adalah ekonomi yang mengakibatkan kegiatan perekonomian menjadi terganggu termasuk di dalamnya UKM.

“Keluhan dari para pelaku umkm adalah penjualan yang menurun, sulit memperoleh bahan baku, serta distribusi yang menjadi terhambat. walau begitu, tidak semua UKM mengalami penurunan.” ujar Bupati

Dengan dibangunnya sebuah galeri yang di prakarsai oleh UKM Cekas Desa Cisantana Kabupaten Kuningan, semua IKM/UKM boleh menyimpan produk nya dari tiap IKM/UKM yang berada di sekitar Kecamatan Cigugur.

“Dan tidak menutup kemungkinan dari Kecamatan lain juga bisa untuk menitipkan produknya,” sebutnya.

Menurutnya  solusi bagi para UKM terletak pada satu kata, yaitu integrasi seperti perlu memiliki manajemen stock produk yang terintegrasi dengan pembelian dan penjualan,.

Sehingga mampu memantau persediaan barang dengan cepat dan tepat, serta perlu mengintegrasikan pengiriman barang dagangannya, baik itu dalam kota, antar kota, sampai antar negara..

Selain itu, UKM dapat terintegrasi dengan sistem komunikasi yang cepat kepada pelanggan, walaupun tidak dapat bertatap muka langsung, yang dapat menggunakan diantaranya whatsapp dan line, dengan sistem pembayaran transfer bank, e-wallet (dana, ovo, dsb), serta cash on delivery (cod).

Ditkatakan, melalui peresmian Galeri Cekas ini ia berharap dapat terpomosikannya produk-produk UMKM Kabupaten Kuningan yang terdiri dari minuman, minuman, handycraft, dan batik.

Lokasi galeri sangat tepat  karena tempatnya yang sangat strategis sebagai kawasan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar Kabupaten Kuningan.

 Serta bisa menjadi wadah yang postif dalam peningkatan UMKM di Kabupaten Kuningan terlebih menyambut pasar global yang menuntut para pengusaha untuk lebih maju dan kreatif guna memenuhi pangsa pasar..

Sementara Koordinator BKM Mandapa Suci Desa Cisantana Iwan Darwansyah, SPD berharap, dengan terbangunnya Galeri Cekas dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Kuningan, serta kedepan Galeri Cekas bisa lebih berkembang dan maju.

”Alhamdulillah Desa Cisantana dengan semua sumber daya alam dan destinasi wisata yang luar biasa, kami berharap dan meminta dukungan agar Desa Cisantana dapat meningkatkan potensi desa. dan untuk sekarang banyak yang  sudah menitipkan produkslnya di Galeri Cekas Cisantana.” ujar Iwan.

Untuk info terupdate mengenai Galeri Cekas dapat mengakses di ig @galeri_cekas. (agus) 

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Permasalahan klasik selalu muncul tiap lebaran yakni gas melon (gas 3 Kg) langka. Padahal kuota ditambah 450 persen dari jatah per...

Government

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH dan Wakil Bupati Kuningan, H M Ridho Suganda, M Si seta Sekda Kuningan Dr H...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Komunitas Ancaran Maju berbagi kebaikan di Bulan Suci Romadhon. Selain berbagi takjil 150 bungkus untuk pengguna jalan di kawasan RE Martadinata,...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Komunitas Tegeg Melengkung (KTM) bukan hanya eksis menyalurkan hobi, tapi mereka juga cinta lingkungan. Hal ini dibuktikan pada saat bulan puasa...

Advertisement