SMAN Luragung Terbakar

KUNINGAN (MASS) – Akibat membakar  sampah yang tidak ditungguin, bangunan milik SMAN Luragung  yang terletak  Dusun Rahayu RT 01 RW 01 Desa Cirahayu Kecamata Luragung   terbakar pada Sabtu (21/9/2019) pagi sekitar jam 09.30 WIB.

Berkat penanganan secara maksimal api tidak merembet ke bangunan yang lainnya. Adapun bangunan terbakar terdiri dari Bank Sampah berukuran 1,5 m x 2 Meter = 3 m ( Bangunan Life Skill Sisw) ukuran Bangunan 4 x 2 = 8  M 2.

Lalu, ruang kelas ukuran total 72 M2 dan yang terbakar 30 M2. Tidak ada korban dalam kejadian ini.

Menurut Saksi mata  Ian Kusdianto (37) yang merupakan pengajar di sekolah  tersebut bercerita pada pukul 08.00 sedang dilakukan pembakaran sampah oleh salah seorang penjaga sekolah. Lokasi pembakaran berada disebelah barat.

“Kebetulan lokasinya berdekatan dengan ruangan Bank Sampah (ruangan life skill untuk siswa). Karena sedang ada kegiatan ekstrakulikuler renang, tempat membakar sampah ditinggalkan begitu saja,” ujarnya.

Pada pukul pukul 09.00 WIB, mungkin  karena tiupan angin yang sangat kencang. Api tiba- tiba membesar dan langsung membakar bangunan tempat bank sampah milik sekolah dan merambat ke bangunan ruang kelas yang berada di sebelah utara.

Ian langsung meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan api dengan menggunakan peralatan seadanya, karena api sangat besar, guru Bahasa Sunda itu melaporkan kejadian kebakaran pada pukul 09.30 WIB ke Kantor UPT Damkar.

Damkar sendiri langsung merespon laporan tersebut dengan mengerahkan 1 Unit Randis dan 4 orang Anggota Regu 3 Damkar. Tiba sekitar pukul 09.50 WIB (20 Menit) Petugas  langsung melakukan tindakan pemadaman yang di bantu oleh earga, pihak sekolah dan Anggota Polsek Luragung.

“Api dapat di kendalikan pukul 10.20 WIB (30 Menit). Penyebab kebakaran diduga dari aktivitas pembakaran sampah yang tepat berada disamping ruang kelas yg terbakar,” Sebut Plt Kepala Damkar Kuningan Khadafi Mufti.

Adapun taksiran kerugian adalah ruang Bank sampah dengan ukuran +- 8 m2 x @Rp1 juta/m2 = Rp8 juta. Sedangkan ruang kelas dengan luas total +- 72 m2  yang terbakar +- 30 m2 x @ Rp1 juta /m2 = Rp30 juta sehingga total kerugian Rp38 juta.(agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com