Sempat Viral di Medsos, Siapa Sebenarnya Bocah Itu?

KUNINGAN (Mass)- Masih ingat Mulyana, bocah berumur tiga tahun yang sempat mejadi viral di medsos karena foto dirinya yang tengah menarik gotrok membantu membersihkan banjir di Desa Citenjo Kecamatan Cibingbin?

Semenjak kejadian itu anak semata wayang Wasri ini banyak dikunjungi oleh para pemberi bantuan. Mereka penasaran dengan sosok bocah yang ikut membantu membersihkan lumpur itu.

Ditemui Kuninganmass.com di rumahnya yang terletak di Dusun II bocah ini tampak malu. Ia sempat bersalaman kemudian minta digendong oleh ibunya yang bernama Wasri.

Di rumahnya yang cukup memprihatinkan itu Mulyana hidup bersama dengan  ibunya. Sejak berumur tiga bulan bocah itu ditinggal pergi oleh ayahnya yang berasal dari Bekasi.

Dengan keterbatasan ibu menjadi tulang punggung untuk membesarkan Mulyana. Bocah ini dikenal supel dan selalu membantu warga.

Aksi membersihkan lumpur sisa banjir bukan disuruh oleh orang tuanya atau bahkan oleh warga sekitar. Namun, memang keinginan bocah tersebut yang melihat kondisi rumahnya banyak lumpur.

Dengan menggunakan gotrok (gerobak kecil) yang sehari-hari digunakan untuk bermain, Mulyana mengangkut lumpur kala itu. Orang tua dan warga sendiri tidak mengira bahwa foto Mulyana menjadi perbincangan di medsos.

“Kalau kami senang dengan ramainya foto Mulyana itu. Tapi sekali lagi jangan ada anggapan kami memperkerjakan anak kecil. Itu murni tindakan anak kecil yang senang bermain,” jelas Kaur Ekbang Desa Citenjo Aat Supriatna,  Sabtu (28/1/2017).

Aat menerangkan, sejak kejadian itu rumah Mulyana banyak dikunjungi. Mereka memberikan uang jajan kepada bocah tersebut. Yang memberikan uang dari warga biasa, pejabat hingga anggota dewan.

“Mungkin ini jawaban bagi orang yang sabar, karena Mulyana itu ditinggal orang tuanya dan hidup terbatas. Bocah ini memang hampang birit (mudah disuruh) jadi warga disini sangat menyukainya,” ucap Aat yang menyebutkan Wasri merupakan penerima Program Simpanan Keluarga Sejahtera.

Sementara itu, anggota DPR RI dan DPRD Jabar  H Amin Santono SSos MM dan Hj Yoyoh Rukiyah STr Keb pada kunjungan ke Desa Citenjo pada hari Jumat lalu juga memberikan uang jajan kepada Mulyana. Bocah tersebut sempat bersalaman dan bercanda.

“Bagi saya apa yang dilakukan bocah itu membuat kita tergugah untuk membantu. Ia seolah memberikan pesan yang isinya saya yang kecil saja membantu, masa yang lain menjadi penonton,” ucap Yoyoh. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com