Jalur Selajambe-Subang Sempat Terputus

KUNINGAN (MASS) – Hujan deras yang mengguyur wilayah selatan Kuningan Senin (8/1/2018) sejak 14.00 WIB hingga 16.30 WIB membawa petaka, dimana ruas jalan utama Selajambe-Subang tertutup longsoran.

Titik longsoran terletak di dua titik yakni Blok Rayudan dan Blok cikali Dusun Kutamanggu RT 08/02 Desa Kutawaringin Kecamatan Selajambe. Adapun panjang longsoran titik 1 17,7 meter dan lebar 7,5 meter dan tinggi lerengan 25 meter.

Sementara itu  titik di lok Cikali  panjang longsoran 13 meter, lebar 11 mter dan  tinggi lerengan 15 meter. Kejadian tanah longsor ini mengancam 1 unit rumah antas nama Suherman (65) yang dihuni satu KK dengan  jumlah  jiwa emapt orang.

Longsoran tanah tersebut membuat akses terputus karena kendaraan baik roda dan roda empat  tidak bisa lewat. Namun berkat kerja keras masyarakat, dan aparat desa, kecamatan  dibantu BPBD, Polri, TNI, Polpp membersihkan material longsoran.

Sedangkan  polisi mengalihkan KR2 dan KR4 ke jalur yang lain.  BPBD Kabupaten Kuningan menurunkan tim asessment. Adapun kondisi saat ini sudah bisa dilalui karena pada jam 19.35  sudah beres sehingga bisa dilalui.

“Penangan lanjutan dilaksanakan besok oleh Tim BPBD Kuningan. yang terpenting saat bisa dilalui oleh kendaraan karena kasihan warga,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Kuninga Agus Mauludin SE, Senin (7/1/2018) malam.

Agus meminta kepada warga untuk tetap waspada, karena dengan waspada akan meminimalisasi dampak yang ditimbulkan oleh bencana. Wilayah selatan sendiri memang daerah rawan longsor.

Akibat besarnya longsoran tanah maka pihak BPBD menerjunkan alat berat. Andai tidak menggunakan alat berat akan sulit membersihkan materila tanah berlumpur.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com