Berbeda Data Luas Kebakaran di Lereng Gunung Ciremai Antara BPBD dan Kodim

KUNINGAN (MASS)- Tidak ada hari tanpa kebakaran. Mungkin itu yang cocok menggambarkan kondisi di Kabupaten Kuningan saat ini. Pasalnya, kebakaran nyaris selalu ada.

Sebagai bukti dalam tiga hari ada empat kejadian kebakaran dan kebanyakan dalam empat hari itu merupakan lahan milik warga. Seperti yang terjadi di Desa Setianegara Kecamatan Cilimus.

Berdasarkan dari data yan diberikan oleh pihak Kodim Kuningan, lahan milik warga yang terbakar itu terjadi pada Jumat pukul 10.00 WIB. Lokasi terletak Blok Ragasakti Desa Setianegara Kecamatan Cilimus.   Tidak diketahui penyebabnya dari mana, yang pasti  tiba-tiba api sudah besar dan membakar ilalang dan semak belukar yang berada di blok Ragasakti.

Warga  Desa Setianegara dibantu Babinsa Koramil 1509 /Cilimus Serka Mulyadi dan anggota Polsek Cilimus sekitar 40 orang bahu membahu memadamkan api. Kerja keras mereka berbuah hasil dimana api bisa padam.

Akibat kejadian itu Lahan kebun masyarakat yang terbakar  sekitar 5 Ha. Dalam kejadian itu tidak ada korban karena jauh dari permukiman.

Berbeda dengan data dari Babinsa, justru dari keterangan BPBD Kuningan kebakaran lahan hanya seluas 0,48 Ha. Menurut  Kepala BPBD Kuningan Agus Mauludin SE, mungkin cara menghitung dari pihak Kodim berbeda dengan BPBD.

“Yang pasti lokasinya sama dan perhitunganya yang berbeda. Terserah mau menggunakan data yang mana,” ujar Agus. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com