Antisipasi Banjir Susulan, Susuri Sungai Leweung Cina

KUNINGAN (MASS) – Penanganan terhadap musibah tanah longsor dan banjir bandang yang terjadi di Desa Jamberama dan Desa Padahurip Kecamatan Selajambe sudah dilakukan pada Senin (7/1/2019).

Petugas gabungan yang diturunkan adalah BPBD, aparat Kecamatan Selajambe, aparat Desa Padahurip. Lalu, TNI, Polri, warga, Baznas, Tagana, dan Perhutani.

Mereka melakukan kegiatan pembersihan lingkungan dan pembukaan akses jalur air sungai yang tersumbat material longsoran.

“Kami juga menyusuri sungai Leweung Cina Blok Langkoko untuk memastikan kondisi longsoran dan potensi banjir bandang susulan,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin SE, Senin (7/1/2019) malam.

BPBD juga sudah melakukan pembuatan drainase di sekitar longsoran di RT 15 dusun Tajur Desa Padahurip . Lalu, Pembukaan akses jalan di Dusun Surian Desa Jamberama menggunakan alat berat.

“Kini longsor yang memutus akses jalan di Dusun Surian Desa Jamberama bisa dilalui KR 2,” ujarnya.

Pembukaan akses jalan Dusun Surian Desa Jamberama yang tertimbun longsor direncanakan hari Selasa tanggal 8 Januari 2019 menggunakan alat berat/beko. Sedangkan Pembersihan lingkungan di Desa Padahurip sudah selesai.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com