Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Hebat dan Patut Dicontoh, Sistem Informasi Masyarakat Kertayasa Dilaunching

KUNINGAN (MASS)- Tidak salah warga Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung memilih Arief Amarudin, SSos sebagai Kades. Pasalnya, dibawah kepemimpinan mantan wartawan Kantor Berita Antara itu desa terlihat lebih maju.

Banyak terobosan baru yang diluncurkan untuk memudahkan layanan kepada masyarakat. Sebagai bukti Simak atau Sistem Informasi Masyarakat Kertayasa yang Rabu (23/9/2020) Dilaunching ke publik.

Layanan ini merupakan kali pertama di Kuningan, sehingga Pemdes Kertayasa memberikan contoh yang baik.

Menurut Arif adanya aplikasi ini sebagai bentuk upaya memudahkan pelayanan pemerintahan Desa Kertayasa kepada masyarakat.

“Dengan melalui aplikasi website ini masyarakat dapat dengan mudah mengakses berbagai kepentingan pelayanan, seperti surat keterangan usaha, surat domisili dan lain-lain,” ujarnya.

Dikatakan, masyarakat dapat mengaksesnya melalui http://www.pemdes-kertayasa.com/ dengan hanya mengisi data yang tertera pada website tersebut sesuai dengan kebutuhannya.

“Tujuannya sendiri yaitu untuk transparansi desa terkait anggaran desa, program-program desa, lalu masyarakat juga dapat memberi saran dalam website tersebut terhadap apa saja yang perlu dilakukan oleh desa,” jelaasnya.

Penggunaan aplikasi ini diharapkan dapat memperoleh manfaat antara lain, yang pertama meningkatkan pemerintahan, transparansi penyelenggaraan pelayan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Kemudian, yang kedua, meningkatkan kepercayaan publik terhadap pemerintah desa, sehingga meningkatkan semangat partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Lalu, yang ketiga, membuka akses Desa Kertayasa dengan entitas lain sehingga terwujud jejaring yang dapat dimanfaatkan oleh Desa Kertayasa untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya, yang keempat, meningkatnya aktifitas dan kreatifitas perangkat desa, dalam membina masyarakatnya sebagai sumber daya manusia yang potensial dalam segala bidang, sehingga masyarakat desa akan merasa senang tinggal di desa dan bangga membangun desa.

“Desa kertayasa memiliki visi yang sama dengan kabupaten Kuningan yaitu Maju sehingga adanya kesinambungan dengan pemerintah daerah kabupaten untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Kuningan,” ujarnya.

Sementara Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH yang melaunching Aplikasi SIMAK  pada Rabu, (23/9/2020) mengaku ikut bangga dengan terbosan yang dilakukan Pemdes Kertayasa.

Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK, Camat Sindangagung, Para Kepala Desa Se-kacamatan Sindangagung, Mustika Kecamatan Sindangagung, Kepala Desa Kertayasa beserta jajaran, BPD, LPM, PKK, RT, RW, Lembaga Kemasyarakatan, tokoh masyarakat, tokoh agama serta Undangan Lainnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bupati Kuningan dalam kesempatan ini mengucapkan selamat kepada pemerintah dan masyarakat desa kertayasa yang telah memiliki aplikasi yang diberi nama “SIMAK” sistem informasi kertayasa.

Pada kesempatan itu, orang nomor satu di kota kuda, sekaligus me-launching aplikasi ini secara resmi untuk dimulai penggunaannya. Menurutnya, Desa Kertayasa akan selangkah lebih maju dalam upaya mewujudkan desa yang maju, mandiri sejahtera demokratis dan berkeadilan, sehingga mampu mendukung upaya pencapaian visi Kuningan Maju berbasis desa.(agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS)- Untuk kedua kalinya  program studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uniku mampu mepertahankan raihan...

Education

KUNINGAN (MASS)- Ketua Dewan Pembina Yayasan Pesantren Al-Khoeriyah Cibingbin sekaligus penjamin mutu pendidikan di lembaga Al-khoeriyah Dr KH Ja’far Ath-Thayyar Lc MA menetapkan program...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Kabar gembira datang dari dunia perfilman daerah. Pasalnya, salah satu komunitas asli Kuningan yakni TSK Project berhasil menyabet gelar juara 2....

Education

KUNINGAN (MASS)- Uniku boleh bertepuk dada. Pasalnya, meski dalam masa pendemik minat warga Kuningan mamasukan anaknya ke universitas kebanggaan kota kuda tidak surut. Sebagai...

Advertisement