Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Harlah ke 14, Ini Yang Dilakukan Dosen Uniku

KUNINGAN (Mass)- Tanggal 6 Juni merupkan Harlah Uniku yang ke 14. Momen tersebut dimanfaatkan oleh perguruaan terbaik di Kuningan ini dengan melakukan Surat Perjanjian Penugasan Penelitian (SP3) kepada 100 dosen yang melakukan 94 penelitian.

Penelitian tersebut diharapkan dapat selesai pada bulan Desember 2017. Selanjutnya hasil penelitian itu akan dipersentasikan di depan 10 orang reviewer berdasarkan SK Rektor No 548/UNIKU/KNG/PP/2017 tanggal 10 Mei 2017.

Sekeder informasi penelitian merupakan salah satu kewajiban dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui penelitian, banyak hasil dan dampak yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, termasuk mengembangkan dunia pendidikan.

Disamping kewajibannya untuk melaksanakan pengajaran di dalam kelas untuk menyampaikan materi-materi pelajaran dan meningkatkan pengetahuan mahasiswa terhadap perkembangan keilmuan.

Dengan penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuannya diharapkan dapat menghasilkan sebuah hasil penelitian yang dapat mengembangkan sebuah teori dan ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata, yang pada akhirnya dapat mengangkat citra Uniku di kalangan masyarakat.

Kepala LPPM Uniku Oding Syafrudin MM mengaku sangat senang karena  jumlah penelitian pada tahun ini ada peningkatan bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Meningkatnya secara kuantitas diharapkan dibarengi dengan peningkatan kualitas terutama kualitas penelitian.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Oding menjelaskan, penelitian tahun 2017 dibagi menjadi dua  kategori penelitian yaitu penelitian internal yang sumber dananya dari Uniku. Lalu, penelitian yang sumber dananya dari Dikti.

Diterangkan, ada 81 judul penelitian yang sumber dananya dari internal kampus dan 13 Judul penelitian yang sumber dananya dari Dikti.

Terpisah, Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi SE MSi menyebutkan, penelitian merupakan salah satu peningkatan kualitas dosen dalam  pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan penelitian setidaknya akan menentukan kualitas Sumber Daya Manusia  sebagai representasi suatu  institusi pendidikan.

“Meningkatnya secara kuantitas itu harus dibarengi dengan peningkatan kualitas terutama kualitas luaran penelitian. Karena, kualitas luaran penelitian akan menentukan peringkat Perguruan Tinggi,” tuturnya.

Adanya harapan besar dengan meningkatnya partisipasi kinerja penelitian dosen, bagi karir para dosen maupun bagi karir lembaga itu sendiri yaitu karir Uniku. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement

PAM

Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS)- Sebanyak 105 dosen Universitas Kuningan (Uniku) menandatangani “Surat Perjanjian Penugasan Pengabdian (SP3)”. Sp3 dilakukan di Lobi Gedung Rektorat Kampus I, Jumat (08/06/2018)....

Advertisement