Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Harimau Punah, Kini, 3 Macan Tutul Jadi Raja Rimba di Ciremai

KUNINGAN (MASS)- Rencana dipelapasliarkan macan tutul Jawa menjadi perhatian warga Kuningan. Beragam tanggapan dari warga, ada yang senang tidak sedikit yang ketakukan.

Namun, yang perlu diketahui oleh warga dalam sejarah tidak ada macan yang memakan manusia. Hal ini dikatakan oleh Erwin Wilianto, dari Sintas Indonesia.

Pernyataan itu semakin diperjelas oleh Didik Raharyono dari  Peduli Karnivor Jawa. Pria yang selama  20 tahun meneliti harimau dan macan menyebutkan, macan tutul walaupun makan daging, namun satwa ini cenderung pemalu dan menghindar bila bertemu manusia.

“Dengan beberapa catatan yakni jarak pelepasliaran dengan lokasi terdekat,” ujar Didik pada Acara Pelepasliaran Macan Tutul Jawa Di Gunung Ciremai Rabu (3/7/2019).

Sementara Kepala TNGC  Kuswandono, menyebutkan,  berdasarkan data 2018,  jumlah macan tutul di gunung Ciremai paling banyak tiga ekor. Sedangkan satwa mangsa relatif melimpah terutama babi hutan dan monyet ekor panjang.

Sekedar informasi daari laman IG TNGC macan tutul Jawa merupakan raja rimba gunung Ciremai selepas harimau Jawa dinyatakan punah di medio tahun 1980-an.
.
Macan ini sangatlah penting di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Karena posisinya sebagai pemangsa puncak dalam ekosistem gunung Ciremai.
.
Hilangnya jenis ini tentu akan berpengaruh terhadap mangsanya. Kemudian satwa mangsa akan membludak jumlahnya. Dan pada akhirnya satwa mangsa itu juga akan mempertinggi konflik dengan manusia. (agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.

You May Also Like

Government

KUNINGAM (MASS) – Babinsa Desa Parung Koramil 1502/Kadugede, Sertu Much Jamaludin bersama petugas gabungan melaksanakan patroli pengamanan di wilayah Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC),...

Government

KUNINGAN (MASS) – Bicara soal Tahura dan TNGC, Julkarnaen salah satu anggota DPRD Kabupaten Kuningan, hanya tersenyum sembari menyebut tidak tahu. Jul yang sejak...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Setelah Rabu terjadi kebakaran, musibah yang  sama kembali terjadi  Jumat (11/9/2020) pada pukul 17.30 WIB di blok Pajaten, Desa Padabeunghar Kecamatan...

Government

Wujudkan Ciremai Zero Fire 2020, Bersihkan  Jalur Sekat Bakar KUNINGAN (MASS) – Gerakan untuk mewujudkan Ciremai Zero Fire 2020 terus digalakan oleh berbagai pihak...

Advertisement