Soal OPD, DPRD-Pemda Belum Capai Titik Temu

KUNINGAN (Mass) – Soal berkurang atau bertambahnya jumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang kini tengah dibahas Pansus Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DPRD Kabupaten Kuningan, hingga kini masih belum jelas. Sebab, hal ini dikarenakan belum adanya kesepakatan antara pihak eksekutif dengan legislatif dalam mencapai titik temu.

“Kita saat ini baru membahas konsep yang akan kita sepakati bersama eksekutif. Semuanya masih dalam kajian normatif, kita sedang kaji bobot kerja dan hal lainnya. Hasil internal pansus ini nantinya akan kita bawa ke unsur pimpinan DPRD Kuningan,” ucap Ketua Pansus OPD DPRD H Ujang Kosasih MSi melalui Wakil Ketua Pansus Rudi O’ang Ramdani, saat ditemui kuninganmass.com usai rapat pansus di Gedung DPRD Kuningan, Rabu (14/9).

Ketika ditanya apakah jumlah SKPD akan berkurang atau malah bertambah dari hasil kajian Pansus, pihaknya sekali lagi menegaskan hingga kini belum bisa memberikan hasil dari kajian pansus, karena masih memerlukan pendalaman materi lebih lanjut.

“Kalau misal beberapa kabupaten/kota lain sudah diketuk palu, ya kita berharap besar lah bisa membandingkan dengan kabupaten/kota lain semoga kita juga segera menyusul untuk diparipurnakan. Raperda OPD ini merupakan Raperda yang disepakati bersama, kajian pansus tidak ansih dan harus dilaksanakan oleh eksekutif, karena yang melaksanakan itu kan eksekutif,” katanya.

Rudi yang juga politisi dari Fraksi PKS itu mengungkapkan, dari rapat pansus bersama SKPD terkait yang digelar saat ini telah menghasilkan sejumlah poin penting, untuk selanjutnya akan disampaikan kepada pimpinan DPRD Kuningan. Namun, sejumlah poin-poin penting itu belum bisa diekpos lebih lanjut karena masih membutuhkan pendalaman.

“Hasil rapat pansus hari ini akan kita sampaikan ke pimpinan, dengan hasil pointer-pointer pentingnya. Namun kita belum bisa publish karena ini belum menjadi kesepakatan, nanti prosesnya unsur pimpinan kita dengan unsur pimpinan eksekutif lah,” ujarnya.

Pihaknya juga berupaya, akan melaksanakan tugas secara maksimal untuk segera menyelesaikan kajian pansus. “Kita berupaya maksimal, mudah-mudahan pekan-pekan besok sudah ada kejelasan dan bisa segera diparipurnakan,” pungkasnya.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com