Sekjen KLH ke Batu Luhur, Ini Yang Dibahas

KUNINGAN (Mass)- Sekretaris Jenderal yang merangkap sebagai Plt Dirjen KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Dr Ir Bambang Hendroyono MM, Kamis lalu berkunjung ke Obyek Wisata Batuluhur TNGC. Kunjungan sekjen ke objek wisata yang terletak di Desa Padabenghar Kecamatan  Pasawahan tidak sendiri namun bersama rombongan.

Rombongan tersebut yakni para Direktur di lingkup Direktorat Jenderal KSDAE Kemen LHK, juga di hadiri oleh para pejabat dari UPT-UPT KSDAE di Wilayah Jawa dan Bali yaitu Balai Besar KSDA Jawa Barat. Lalu,  Balai Besar KSDA Jawa Timur, Balai besar Bromo Tengger Semeru, Balai Besar Gunung Gede Pangrango.

Selain itu, Balai KSDA Jawa Tengah, Balai KSDA Bali, Balai KSDA Yogyakarta, Balai TN Gunung Merapi. Kemudian,  Balai TN Gunung Halimun Salak, Balai TN Kepulauan Seribu, Balai TN Karimun Jawa, dan Balai TN Ujung Kulon.

Agenda pada kunjungan tersebut adalah  untuk melihat implementasi program bina daerah penyangga dan perhutanan sosial pada kawasan konservasi. Program tersebut dalam rangka peningkatan usaha ekonomi masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Kunjungan kerja yang dilaksanakan tersebut merupakan momen yang sangat di harapkan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat desa-desa di daerah penyangga TNGC,  yang sebagian besar sudah tergabung di dalam kelompok-kelompok mitra pengelola sumberdaya alam di kawasan konservasi TNGC.

Adapun kelompok yang sempat menghadiri dialog dengan Sekjen di wakili oleh sekitar 16 kelompok. Mereka merupkan kelompok  mitra pengelola jasa Wisata dan Makanan dan minuman kehati dari Desa-desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Kuningan dan Majalengka.

Momen penting yang tercatat dalam dialog antara masyarakat dengan rombongan Sekjen KLHK adalah harapan dari masyarakat agar konsep pengelolaan sumberdaya alam di kawasan konservasi TNGC oleh masyarakat tersebut dapat terus di dukung oleh pemerintah pusat. Dan tentunya  terus dinikmati untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju kondisi masyarakat yang berdaulat di dalam pengelolaan sumberdaya alamnya.

“Pemerintah pastinya sangat mendukung harapan masyarakat. Kami ucapan terima kasih dan apresiasi penghargaan atas kesediaan masyarakat yang selama ini membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sumberdaya alamnya secara lestari,” ucapnya.

KLH lanjut dia, akan terus mendukung melalui upaya-upaya penyempurnaan regulasi-regulasi peraturan yang ada. Agar pengelolaan sumberdaya oleh masyarakat tersebut dapat di ditingkatkan dan mengakomodir variasi kegiatan yang lebih luas lagi serta dapat diimplementasikan secara nasional.

Acara kunjungan kerja dapat diakhiri sekitar jam 15.00 WIB. Sebelumnya rombongan berkenan melihat-lihat dan membeli produk kerajinan tangan dan kuliner lokal yang ikut dipamerkan . (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com