Satgas Pangan Polres Gencar Sidak ke Lapangan

KUNINGAN (Mass) – Satgas Pangan Polres Kuningan dari unsur Polsek Luragung bersama Koramil, UPTD Puskeswan, serta petugas terkait lainnya gencar melakukan sidak ke lapangan untuk memantau sembako maupun bahan makanan lainnya. Seperti yang dilakukan di Pasar Galuh Luragung Kuningan, jajaran Satgas Pangan memeriksa sejumlah bahan makanan yang diperjual-belikan di wilayah tersebut.

Bahkan, pemeriksaan itu dilakukan di beberapa titik baik pasar tradisional hingga toserba dan kios-kios yang berada didalam maupun luar pasar. Para petugas ingin memastikan, apakah makanan itu masih layak konsumsi atau sebaliknya, yakni masa edar produk makanan sudah kadaluarsa.

Hal itu ditempuh, untuk mencegah dan mengantisipasi adanya kecurangan dalam penjualan produk bahan dan makanan disetiap kemasan, dimana kebutuhan barang-barang tersebut bisa meningkat menjelang lebaran tiba. “Kami bersama pihak terkait baik forum koordinasi pimpinan kecamatan, UPTD Puskesmas dan Puskeswan, Dishub dan lainnya untuk mengadakan pemeriksaan di Pasar Galuh, swalayan maupun grosir yang ada di Luragung,” ucap Kapolsek Luragung AKP Agus Suroso kepada awak media, Jumat (16/6).

Dikatakan, pemeriksaan bahan makanan itu dilakukan terhadap daging sapi, daging kambing, daging ayam dan lainnya. Obyek pemeriksaan tersebut ditekankan pada kondisi daging, hati, babat, dan usus dari hewan ternak tersebut.

“Ini dilakukan untuk mengecek apakah daging yang dijual itu benar-benar sehat dan layak dikonsumsi, serta berasal dari hewan ternak dan unggas yang sehat. Sebab, tidak menutup kemungkinan keadaan dimana kebutuhan masyarakat akan daging meningkat selama bulan Ramadan ini, dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab demi mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya,” ujarnya.

Selama Ramadan ini lanjutnya, kegiatan serupa tetap terus dilakukan dalam rangka melindungi masyarakat dari praktek kotor pedagang maupun pihak yang tidak bertanggung jawab, serta untuk menjaga agar situasi kamtibmas tetap dalam keadaan kondusif. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com