Program Rumah Harapan Hidup Sejahtera Dilaksanakan di 50 Desa

KUNINGAN (MASS)- Plt Kepala Dinsos, PP Dan PA Kuningan Dadang Supardan MSi melalui Kabid Pemberdayaan Sosial SSos menyebuktan, program Rumah Harapan Hidup Sejahtera (RHHS) di Jawa Barat hanya dilaksanakan di tiga Kabupaten yakni Kuningan, Garut dan Indramayu.

Di Kuningan sendiri ada  kecamatan yang terpilih yakni Ciawigebang, Kalimanggis, Cimahi dan Cibingbin.

“Total ada 50 desa di empat kecamatan yang mendapatkan  program bantuan Provinsi Jawa Barat yakni Rumah Harapan Hidup Sejahtera (RHHS) yang dibiayai langsung melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Barat 2019,” ujar Yosep pada Kegiatan Bimtek dan Pelatihan SDM Pengelola Sekretariat Rumah Harapan Hidup Sejahtera (RHHS), Supervisor dan Fasilitator Puskesos   Desa Tahun 2019 di De Jehan’s Boutiqe Hotel, Sangkanurip, Selasa (19/11/2019).

Mantan Kabid Kebudayaan ini menerangkan, Program RHHS merupakan sistem pelayanan fakir miskin satu pintu. Program ini bagian dalam upaya meminimalisir adanya masyarakat miskin di  Kuningan  yang masih luput dari perhatian bantuan kemiskinan.

Diterangkan, program terpadu satu pintu kemiskinan ini dikenal dengan Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) atau Rumah Harapan Hidup Sejahtera (RHHS).

Program ini harus disikapi dengan serius oleh kepala desa dan camat yang mendapatkan Program RHHS  karena nantinya akan berkaitan langsung dengan Basis Data Terpadu (BDT) masyarakat miskin yang ada di setiap desa, sebagai acuan utama ketika dalam proses penerimaan bantuan kemiskinan.

“Nanti kedepannya bukan hanya empat desa tapi di semua desa. Program ini hanya bantuan satu tahun dari Pemprov Jabar. Dengan adanya program RHHS akan dibentuk kelembagaan seperti, Manajer Program, Pengelolaan Program, Supervisor Kecamatan dan Fasilitator Desa dan juga Puskesos di setiap desa.

Ia menambahkan, dipilihnya Kuningan  sebagai kabupaten penerima Program RHHS 2019 karena masih dianggap tinggi angka kemiskinanya dari 3 kabupaten/kota di Jawa Barat. Sehingga pemerintah berkomitmen tinggi untuk mengentaskan kemiskinan dengan berbagai program bantuan kemiskinan. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com