Polwan Disiagakan Saat Ibadah Shalat Jumat

KUNINGAN (Mass) – Saat sebagian masyarakat menjalankan ibadah Shalat Jumat, puluhan anggota Polwan Polres Kuningan disiagakan dalam rangka menjaga Kamtibmas di sejumlah Masjid. Jelas, hal ini untuk antisipasi sekaligus menekan angka kriminalitas yang ada di wilayah hukum Polres Kuningan.

Bahkan, selain menjaga agar pelaksanaan ibadah berlangsung tertib, para Polwan juga sibuk mengatur arus lalu lintas dan terus memonitor kendaraan yang terparkir, baik di halaman masjid maupun yang ada di pinggir jalan. “Para Polwan Polres Kuningan ini bertugas untuk melakukan pengamanan maupun pengaturan di sejumlah titik Masjid, yang tengah melaksanakan ibadah shalat Jum’at,” ucap Kapolres Kuningan AKBP M Syahduddi SIK kepada awak media saat sebelum melaksanakan Shalat Jumat di Mapolres Kuningan, Jumat (19/8).

Pihaknya mengaku, kegiatan pengamanan ini rutin dilaksanakan setiap Jum’at. Polwan dikerahkan agar situasi tetap kondusif, dan masyarakat yang melaksanakan ibadah bisa merasa tenang tanpa ada rasa khawatir terhadap kendaraan yang di parkir.

Kasat Binmas AKP Suriadi menambahkan, para Polwan diterjunkan untuk bertugas melakukan pengamanan sebelum, saat dan sesudah pelaksanaan salat Jumat. Tidak hanya berjaga dilingkungan masjid, namun juga berpatroli ke pemukiman warga baik dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

“Pengerahan Polwan di jam salat Jumat tersebut tidak hanya dilakukan di wilayah Kuningan kota, melainkan juga di setiap wilayah kecamatan yang terdapat Polwan yang bertugas di Polse. Target utamanya, untuk mencegah tindak pidana yakni Curat, Curas dan Curanmor, ketika sebagian besar kaum laki-laki sedang salat jumat,” ungkapnya.

Disebutkan, ada dua hingga tiga Polwan berjaga di sekitar masjid yang menyelenggarakan salat Jumat, di mana mereka akan melakukan pengaturan lalu lintas ketika terjadi lalu lalang para jamaah salat Jumat yang baru datang maupun saat bubar.

“Kemudian pada saat pelaksanaan salat Jumat, mereka akan berjaga untuk antisipasi tindakan pencurian kendaraan milik jamaah yang ditinggal di parkiran. Ada pula anggota Polwan yang bertugas melakukan patroli dengan kendaraan patroli Sabhara yang dilengkapi pengeras suara, memberikan imbauan kepada para ibu-ibu rumah tangga yang ditinggal suami dan anak lelakinya pergi Salat Jumat, untuk waspada terhdap orang asing dan mengunci rapat-rapat rumahnya,” pungkasnya.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com