Pesan Desem Ketika Berkunjung ke Desa Susukan dan Saleurema

KUNINGAN (MASS)- Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada, mengharapkan aparatur pemerintahan dan Badan Perwakilan Desa (BPD) kompak dalam menjalankan roda pemerintahan di desa. Untuk itu dalam pelaksanaan pemeritahan desa jaga kekompakan antara aparatur.

Membangun kebersamaan pemerintah desa dengan BPD perlu terus ditingkatkan karena masing-masing punya peran strategis dalam menjalankan fungsi pemerintahan.

“BPD punya kewenangan untuk meminta keterangan dan penjelasan atas penyelengraan pemerintah desa. Namun tidak punya kewenangan untuk memeriksa karena itu bagian dari tupoksi (tugas dan fungsi) Inspektorat,” ujar Wakil Bupati Dede Sembada, saat melakukan kunjungan di Desa Susukan dan Saleurema, Kecamatan Cipicung, Kamis (1/2/2018).

Kunjungan Wakil Bupati Dede Sembada di dua desa itu dalam agenda monitoring dan evaluasi  penyelenggaraan pemerintah desa. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penyelenggaran pemerintah desa agar dapat berjalan dengan baik dan dapat dirasakan langsung mafaatnya  oleh masyarakat.

Ia meneragkan, desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan /atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam system pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkat kanpengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran. Kemudian  memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa.

Usai melakukan kunjungan kedua desa Wabup berkunjung juga ke Sekolah Dasar 2 Salaeurema didampingi Kepala UPTD Edi Kusnedi. Dalam kunjungannya Wabup menyempatkan masuk ke ruang Kelas dengan menyapa langsung siswa siwi SD yang tengah belajar.(agus)

Tinggalkan Balasan

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com