Penghargaan Bagi yang Konsisten Gunakan Pangan Pituin

KUNINGAN (MASS) – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kuningan pada Peringatan Hari Pangan Sedunia ke 38  tingkat Kabupaten Kuningan memberikan penghargaan kepada Satpol PP  Kuningan dan Kecamatan Cimahi. Mereka merupakan dua SKPD yang konsiten melaksanaan Perbup 30 tahun 2017 tentang penggunaan pangan pituin atau pangan Iokal.

Adapun untuk Juara II ketegori dinas dirah oleh Dinas Perhubungan, dan Juara III Dinas Koperasi dan UKM. Sedangkan untuk Tngkat Kecamatan, Juara II dan III itu disabet oleh Cilimus dan Kecamatan Mandirancan.

Sementara itu Piala Bergilir Mulangapit Award  2018 diraih oleh Satpol PP. Sedangkan Penghargaan Kawasan Pangan Lestari Terbaik Diraih oleh Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang.  Lalu, untuk Lumpung Pangan Masyarakat terbaik disabet oleh Desa Padarek Kecamatan Kuningan. Kemudian LDPM Terbaik disabet oleh Desa/Kecamatana Japara dan juga diberikan untuk kelompo perikanan.

“Selamat kepada pemenang. Memang saatnya kita harus menggunakan pangan lokal yang lebih sehat dan murah dan Allhamdulillah sejak tahun 2017 di Kuningan konsisten dilakukaan,” ujar Acep Purnama usai menyerahkan penghargaan di Lapangan Pandapa Parmarta, Rabu (28/11/2018).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Kuningan Dr Ukas Suharfaputra menyebutkan, kegiatan peringatan ini  bertujun ntuk mengingatkan kesadaran dan tindakan masyarakat terhadap kelaparan dan kekurangan gizi.

Selain itu,  terciptanya sistem pangan global yang efektif. Lalu,  meningkatkan kesadaran pentingnya mempertahankan ketahanan pangan di seluruh tingkatan mulai dari tingkat Desa, kecamatan dan Kabupaten. Hal ini  untuk mewujudkan masyarakat Kuningan bebas dari kelaparan dan rawan pangan. Kemudian Terinformasikannya kebijakan dan kemajuan pembangunan ketahanan pangan Kabupaten Kuningan kepada ke masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara H Sanusi SP MP, menyebutkan, Peserta Peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Kabupaten Kuningan terdiri  dari 300 orang.

Mereka  terdiri dari Dinas l Badan/Kantor 60 orang, Para Kelompok Pengolah Pangan I KWT sebanyak 64 orang, kelompok pembudidaya ikan, pengolah lkan dan perikanan tangkap sebanyak 100 orang. dan sisanya tamu undangan lainnya sebanyak 140 orang.

Sementara itu, kegiatan jenis Iomba olahan pangan lokal dari bahan baku pangan pituin  dan lomba kerasi merangkai buah dan sayur. Selain itu juga bazar dan pangan murah .(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com