Pemerintah Inisiasi Program Kampung KB

KUNINGAN (Mass) – Dalam rangka menekan tingginya pertumbuhan penduduk sekaligus mewujudkan keluarga berkualitas dan sejahtera, Bupati Kuningan, Hj Utje Ch Suganda SSos MAp secara resmi kembali mencanangkan program Kampung KB tingkat Kabupaten Kuningan di Wisma Permata Kuningan, Selasa (29/3). Terlebih, program yang sudah berjalan sejak tahun lalu itu saat ini sudah terdapat puluhan desa binaan yang tersebar di seluruh kecamatan di Kuningan.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kuningan, Hj Poppy N Puspitasari menyampaikan, Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan total program KKBPK secara utuh, yang melibatkan seluruh bidang di lingkungan BKBPP, dan bersinergi dengan mitra kerja serta stakeholders instansi terkait, sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah yang dilaksanakan di tingkat pemerintah terendah yakni desa.

“Kampung KB merupakan salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan program KKBPK secara utuh, dan terintegrasi di lapangan,” katanya.

Agar tujuan pembentukan kampung KB dicapai secara optimal lanjut Poppy, maka perlu dilakukan penguatan kelembagaan, serta pembekalan bagi SDM pengelola secara rutin.

Sementara Bupati Kuningan, Hj Utje Ch Suganda SSos MAp menuturkan, kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif di lapangan, yang konsepnya memadukan program KB dengan program pembangunan lainnya seperti Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi.

“Kampung KB berupaya memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sebagai upaya mewujudkan keluarga yang sejahtera,” ujarnya.

Menurutnya, berbicara KB maka berbicara keluarga/penduduk dengan segala aspeknya. Sebab, KB tidak saja pelayanan konstrasepsi tetapi cakupanya sangatlah luas.

“Didalamnya menyangkut aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemberdayaan perempuan, dan peningkatan kesejahteraan keluarga. Dalam implementasinya diintegrasikan dengan berbagai sektor terkait dengan berbagai masyarakat,” jelasnya.

Dengan demikian, pihaknya berharap, masyarakat dapat lebih mempunyai  akses terhadap pelayanan khususnya dalam kependudukan, KB dan pembangunan keluarga (KKBPK).

“Salah satu wahana/wadah yang dapat dimanfaatkan adalah Kampung KB. Kampung KB ini program unggulan KB era pemerintahan saat ini, dalam mengimplementasikan NAWACITA sesuai dengan agendanya,” pungkasnya.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com