Panitia Tour de Linggarjati Sowan ke Gubernur

KUNINGAN (MASS) – Pada Jumat (9/8/219) Sekda Kuningan dan panitia Tour de Linggarjati 5 sowan ke Gubernur Jabar terkait pelaksanaan TdL yang akan digelar dari tanggal 12-15 Sepetember 2019. Rombongan itu terdiri dari Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar MSi, Ketua TdL Agus Sadeli MPd, Wakil Ketua Uu Kusmana MSi, Sekretaris Jono SE dan panitia lainnnya.

Kunjungan ke Kang Emil adalah untu ekspos mengenai TdL 5. Setiap tahun even internasional ini selalu dibuka oleh gubernur.

Gubernur sendiri kedepan berencana even Tour de Linggarjati ini akan dirancang menjadi even Provinsi Jawa Barat yang berskala internasional. Rutenya  tentu dirubah yakni  melewati kabupaten dan kota yang finisnya di Gedung Naskah Linggarjati.

“Kita bersama Pak Sekda sudah sowan terkait TdL, Respon dari Pak Gubernur sangat bagus dan ini tentu menjadi motivasi bagi kita agar lebih mempersiapkan acara secara matang,” jelasnya Ketua TdL 5 Drs Agus Sadeli MPd.

Sekedar informasi even internasional yang sudah memasuki tahun ke lima  ini  akan menjadi ajang promosi Kuningan ke dunia luar . Kegiatan sendiri dimulai dengan technical meeting pada Kamis mulai jam 08.30-15.30 WIB di Aula Pandapa Paramartha.

Setelah itu dilanjutkan dengan welcome party jam 18.00-21.00 WIB di Pendopo Kuningan. Sedangkan pada hari Jumat digelar kirab dengan star di depan Pendopo Kuningan dan Finish  di lapangan  Sepak Bola Desa Mandirancan  dengan jarak tempuh ± 28 KM.

“Seperti tahun sebelumnya, pada TdL ke 5 diperlombakan tiga kelas yakni Individual Time Trial (ITT),  Individual Road Race (IRR) dan terakhir  Criterium,” jela Agus yang juga Ketua ISSI Kuningan

Agus yang juga Kadisperindag merinci untuk IRR menempuh jarak 11,9 KM. Sedangkan Individual Road Race (IRR) dibagi kedalam 4 kategori  yakni IRR Youth jarak tempuh 33 KM,  IRR Junior & Men Master A / B  jarak tempuh 49,3 Km  dan IRR Men Elite jarak tempuh  102,9 KM.

Sementara untuk cretarium adalah jarak tempuh 2,5 KM. Selain, tiga kelas itu, juga digelar city tour dengan rute Kebun Raya Padabeunghar (KRK), Telaga Biru Cicerem dan Desa Wisata Cibuntu Kecamatan Mandirancan.

“TdL Juga dimeriahkan dengan fun bike, BMX Freestyle Competition dan juga ada festival TdL dan Kuliner Kuningan pada tanggal 13-15 September,” tandasnya yang diamini Wakil Ketua II  TdL U Kusmana,SSos, MSi.

Pada TdL 5 ini lanjut Agus, pembalap akan melintasi 117 desa di 23 kecamatan . Dibanding tahun lalu  yang hanya 94 desa dan berada di 16 kecamatan, tentunya akan lebih menantang.

Dikatakan, rute tahun 2019, pembalap akan melintas di rute baru yang menantang dan menawarkan keindahan alam yang dijamin indah yakni Kecamatan Darma, Ciniru, Hantara, Cilebak, Subang, Selajambe, Karangkancana, dan Ciwaru.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com