Kampanye Germas Dengan Senam Masal dan Cuci Tangan

KUNINGAN (MASS) – Lebih dari 500 orang warga Kuningan melaksanakan senam massal dan cuci tangan. Kegiatan ini dihelat   dalam rangka  memeriahkan  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Acara ini yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan dipusatkan di lapangan Stadion Mashud, Minggu (12/11/17). Di hadiri seluruh Kepala dan pengurus Puskesmas se Kabupaten dan lainnya.

Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada menuturkan, pentingnya mengedukasi masyarakat agar berprilaku sehat, perlunya mengajak masyarakat  membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggungjawab diri sendiri, keluarga dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotof,” sebutnya.

Karena sehat adalah milik kita, tidak pandang usia, sehingga pada setiap tahapan siklus hidupnya sejak usia dini  hingga lanjut usia harus cinta sehat.

“Untuk itu adanya gerakan untuk mendorong masyarakat untuk berprilaku hidup sehat. Melalui gerakan masyarakat hidup sehat  (Germas) yaitu suatu tindakan yang sistematis  dan terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran dan kemauan dan kemampuan berprilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,”ungkapnya.

Wabup Kuningan mengingatkan untuk menjaga kesehatan kita harus ada upaya  melakukan aktifitas fisik, minimal 30 menit sehari, serta cek kesehata rutin untuk mengontrol tekanan darah, gula darah, kolestrol yang ada dalam  tubuh kita.

Untuk mensukseskan Germas ini, wabup mengatakan, bahwa  tidak hanya bisa mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Akan tetapi perlu dukungan sektor lainnya, dunia usaha, tokoh agama, akademisi dan masyarakat.

Selain itu  juga harus memberikan dukungan, komitmen, dan peran sertanya dalam bergotong royong meningkatkan kesadaran, kemuan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang.

“Sebagai ujung tombak  pelayanan kesehatan di masyarakat,  saya berharap puskesmas bekerjasama dengan  dengan pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa, melakukan germas ini  sebagai upaya untuk mewujudkan  masyarakat yang sehat,” ujarnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com