Ini Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional di Kuningan

KUNINGAN (MASS)- Memperingati  Hari Kesetiakawanan  Sosial Nasional (HKSN), Dinas Sosial, Pemberdayana Perempuan  dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan menggelar kegiatan Advokasi dan pelayanan penyandang masalah  kesejahteraan sosial (PMKS). Acara ini hasil kerja sama dengan LKKS Kuningan.

Kegiatan ini memiliki  muatan strategis bagi  terbangunnya tatanan kehidupan warga masyarakat Kuningan yang sejahtera.  Acara digelar di Restoran Lembah Cirema itu Diikuti pengurus pilar partisipan yang ada di Kuningan.

Ketua Lembaga Koordinasi Kegiatan Kesejahteraan (LKKS) Kuningan Hj Ika Purnama mengatakan, penyandang masalah kesejahteraan sosial  merupakan bagian masyarakat   yang perlu dipasilitasi  dan diberdayakan. Hal ini guna meningkatnya harkat martabat dan kondisi kehidupannya.

“Mari kita tingkatkan kerjasama diantara seluruh  potensi sumber pilar partisipan masyarakat, untuk bersama-sama mewujudkan  Kuningan yang sejahtera, mandiri, Kreatif dan mempunyai  rasa empati  untuk pembangunan bangsa,” ungkapnya Ika, Rabu (20/19/2017).

Dikatakan, semoga kepedulian dan pengabdian tulus dari komponen pilar partisipan  masyarakat, karang Taruna, Tagana, Pendamping PKH, Yayasan atau  Panti, TKSK, PSM, dan LK3 mewujudkan hal itu.

Dalam kesempatnya, Ia mengharapkan, khusunya kepada anak-anakku sekalian binaan yayasan dan panti, diharapkan agar tetap semangat, rajin belajar, tempa diri dan probadi kalian dengan berbagai ilmu agama, pengetahuan dan keterampilan, songsong masa depan dengan prestsi gemilang.

Terpisah, Bidang Pengembangan Sosial LLKS  Kabupaten Kuningan Ence Hadiat MSi  sekaligus Kasi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disibilitas Dinsos PP dan PA Kabupaten Kuningan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati  Hari Kesetiakawanan  Sosial Nasional (HKSN).

Adapun maksudnya untuk menggugah perasaan, empati terhadap kesulitan orang lain, secara bersama-sama melalui  aksi nyata  menggugah kesadaran bersama  untuk kebaikan semua. Kegiatan ini diikuti unsur perwakilan pengurus masing-masing pilar partisipan yang ada di Kuningan.

“Sekaligus dilakukan pemberian bantuan kepada  anak yatim piatu, orang penyandang disabilitas, Lansia dan lainnya,” tandasnya.

Salah satu nara sumber  Wibawa Gumbira selaku Sekretaris LKKS Kabupaten Kuningan sekaligus Kasubag Analisis Informasi pada Bagian Humas Setda  Kuningan menuturkan,  sesuai dengan  amanat UU No 11 Tahun 2009  tentang kesejahteraan sosial, bahwa LKKS sebagai  Lembaga Koordinasi  Kesejahteraan sosial diberikan peluang  yang seluas-luasnya  dalam pembangunan kesejahteraan sosial dengan tupoksinya, seperti memberikan advokasi bagi para relawan sosial dalam mengentaskan permasalahan sosial.

Kaitan permasalahan sosial, narasumber yang dihadirkan adalah dari Ketua Karang Taruna Ade Priatna dan Kepala Bagian Kesra Tonny. Mereka mengatakan, bahwa sebagai relawan memiliki tugas yang sama bagaimana mengetahui sekaligus menyelesaikan bersama-sama kaitan permasalahan sosial, dengan tidak menunjukan siapa kita dan darimana organisasai kita.

“Saya yakin semua  pilar partisipan masyarakat yang ada di Kuningan memiliki semangat dan tekad yang sama,” ujar Ade. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com