Hiburan Murah Meriah itu Bernama Arung Surakatiga

UNINGAN (MASS) – Setiap bulan Agustus selain yang ditunggu perayaan HUT RI, warga Kabupaten Kuningan juga menanti kegiatan Arung Surakatiga. Kegiatan ini adalah olah raga air tradisional warga Kuningan khususnya warga kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan.

Dengan menggunakan ban bekas menyurpai perahu karet peserta mengarungi sungai sepanjang kurang lebih 5 KM. Kegiatan ini mulai  2018 diambil alih oleh Panitia Hari Besar Nasional Kuningan.

Begitu juga pada  Minggu (25/8/2019) ribuan orang ikut ambill bagian dalam kegiatan ini. Dengan hanya daftar Rp10 ribu, mereka selain bisa hiburan juga bisa membawa pulang hadiah, salah satunya motor.

Pelepasan peserta Arung Surakatiga dilakukan oleh Bupati H Acep Purnama yang didampingi oleh Wabup M Ridho Suganda di Lapangan  Kelurahan Winduhaji. Tampak juga Ketua PHBN Kuningan H  Maman Hermansyah.

Star Arung Surakatiga dimulai di pintu air Saluran Surakatiga di Kelurahan Citangtu. Begitu dilepas  raut muka peserta tampak bahagia mereka tanpa menunggu lama langsung menceburkan diri ke sungai dan langung menaiki ban mobil yang menjadi media untuk mengarungi sungai.

Rute yang ditempuh adalah 5 KM atau dari Citangtu ke Winduhaji.  Para peserta sangat menikmmati  kegiatan murah meriah. Ini terbukti dengan raut muka gembira dan selama diperjalanan mereka senda gurau.

Sekedar informasi kegiatan ini merupakan olah raga air tradisional warga Kuningan khususnya warga kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan. Dengan menggunakan ban bekas menyerupai perahu karet peserta mengarungi sungai sepanjang kurang lebih 5 KM.

Awalnya peserta diharuskan berkumpul di lapangan sepak bola Kelurahan Winduhaji sambil membawa ban karet masing-masing. Sekitar pukul 08.00 WIB diangkut menggunakan truk menuju pintu air Saluran Surakatiga di Kelurahan Citangtu.

Dalam kegiatan ini tidak dicari juara tapi murni untuk hiburan. Tapi peserta berkesempatan meraih  doorprize. Bahkan tidak tanggung-tanggung satu unit motor disedian panitia.

Kegiatan ini sudah digelar selama 24 kali dan  awalnya hanyalah permainan anak-anak warga sekitar saluran irigasi Surakatiga. Saat itu menjelang sore hari atau ketika libur panjang tiba, mereka bermain dengan menggunakan ban bekas.

Ternyata oleh para pemuda yang tergabung pada Himpunan Olah Raga Simpang Empat (Hols) Kelurahan Winduhaji menjadikan acara rutin dalam ulang tahun. Karena direspon warga maka PHBN mengambil alih.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama berharap kegiatan ini bisa menarik wisatan berkunjung ke Kuningan. Acara ini sekarang menjadi acara yang ditunggu-tunggu karena hiburan bagi warga.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com