Gubernur Resmikan Jembatan Senilai Rp2,5 Miliar

KUNINGAN (MASS)- Usai membuka Tour de linggarjati Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan langsung ke Desa Padamulya Kecamatan Maleber. Orang nomor satu di Jawa Barat itu didampingi Bupati Kuningan H Acep Purnama meresmikan Jembatan Siliwangi di Dusun Babakan, RT 02/ RW 04 Desa Padamulya, Kecamatan Maleber.

Pada awal tahun 2017 jembatan yang sangat fital di wilayah Maleber itu mengalami kerusakan dan oleh Pemprov dibantu Rp2,5 Miliar. Adapun pengerjaannya selama 4 bulan.

Pada peresmian itu tampak Kadis PUPR Kuningan Ir Jajat Sudrajat. Menurutnya, dengan selesainya pembangunan jembatan maka akan banyak memberikan mamfaat.

Sementara itu, Aher yang meresmikan jembatan Siliwangi menyebutkan, jembatan sangat penting untuk transportasi masyarakat di beberapa desa di wilayah Kecamatan Maleber, karena menghubungkan beberapa desa diantaranya Desa Parakan, Mekarsari, Cipakem dan Giriwaringin.

“Saya mengharapkan agar masyarakat memelihara lingkungan sekitar hutan dan sungai. Agar sungai tidak kering dalam musim kemarau dan tidak banjir pada musim hujan,” kata gubernur .

Jembatan Siliwangi pada awal tahun 2017, sempat rusak dikarenakan banjir yang menerjang menyebabkan adanya retakan, serta pergeseran tiang jembatan, sehingga jembatan tidak bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Pertama, kita bersyukur Jembatan Siliwangi ini kembali beroperasi, waktu itu ada musibah banjir menerjang cukup besar ada retakan atau pergeseran tiang jembatan, sehingga dengan demikian saat awal tahun 2017 yang lalu jembatan ini tidak digunakan karena berbahaya untuk keselamatan masyarakat,” kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Dengan bantuan sana sebesar Rp2,5 miliar dari Pemerintah Provinsi, kata Aher, akhirnya jembatan yang berdiri diatas sungai Cisanggarung ini bisa direnovasi dalam waktu beberapa bulan saja, dan kini dapat beroperasi kembali.

Ketika jembatan yang menghubungkan Desa Maleber, Parakan, dengan Desa Padamulya, Kecamatan Maleber ini rusak, warga harus melewati tiga desa lainnya dengan memutar arah melewati Desa Buniasih, Cinagara, dan Mekarsari dengan jarak sekira 10 kilometer, hanya untuk menyebrang.

Kini, setelah prosesi penandatanganan prasasti dan gunting pita oleh Gubernur Jawa Barat, Jembatan Siliwangi sepanjang 50 meter, lebar 5,2 meter ini resmi beroperasi kembali, dan mempermudah pergerakan warga. Tak lupa, Aher meminta warga setempat untuk menjaga, dan merawat fasilitas vital tersebut.

“Mudah-mudahan jembatan ini awet dengan demikian sekali lagi pergerakan orang, pergerakan barang semakin lancar dengan selesainya dibangun Jembatan Siliwangi ini,” harap Aher.

Pada kesempatan itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan yang tanggap memenuhi permohonan pembangunan jembatan tersebut. Kemudian, juga mau datang dalam persemian jembatan.

“Dengan waktu yang relative singkat Allhamdulillah pembangunan jembatan ini bisa terwujud. Bila dibiarkan jembatan berabahya. Awalnya sangat mengkhatwatirkan,” kata Acep. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com