Gelar Harjad ke 353, Nama Desa Ini Pemberian Pangeran Cakra Buana

KUNINGAN (MASS)- Meski banyak yang mengetahui kalau Desa Padamenak itu berada di Kecamatan Jalaksana. Namun, sedikit yang mengetahui sejarah desa tersebut.

Konon menurut sejarahnya Desa Padamenak merupakan desa yang sempat disinggahi oleh Pangeran Cakrabuwana untuk beristirahat. Setelah terlelap untuk beberapa jam Pangeran merasakan tubuhnya menjadi lebih segar dan ia mengatakan pada prajuritnya “Pedukuhan kuwen arep diupai aran pada enak, sababe kita liren sing kene kuh awak kita pada enak kabeh pisan” (Pemukiman itu akan diberi nama Padamenak, sebab kita beristirahat disini badan kita terasa enak sekali).

Dari sejarah  itulah nama Padamenak diambil dan hingga sekarang nama itu digunakan dan pada Kamis (4/7/2019  desa ini menggelar Hari Jadi ke 353.

Wakil Bupati Kuningan M Ridho Suganda ikut menghadiri pada Harjad itu. Selain harjad juga peluncuran buku Sejarah Desa Padamenak yang diselenggarakan di alun-alun Desa Padamenak.

Acara yang dihadiri oleh Sultan Kasepuhan XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat dan Raja Galuh Rd Hanif Radinal Mukhtar tersebut berlangsung meriah dengan memadukan nilai-nilai adat, kesenian dan sejarah.

Dalam acara tersebut Wabup M Ridho Suganda mengunjungi beberapa situs sejarah yang terdapat di desa. Salah satunya Situs Makam Hiji dan Situs Pandai Salaka Domas yang merupakan tempat membuat perkakas perang.

Wabup memberikan apresiasi kepada Desa Padamenak yang telah memberikan eksistensi yang baik dalam menyelenggarakan peraturan pemerintah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Melalui acara ulang tahun desa yang pertama kali digelar ini, diharapkan dapat menjadi acuan untuk kedepannya agar lebih semangat membangun Desa Padamenak yang lebih baik dan juga desa-desa lainya.

“Bersama masyarakat, pemerintah optimis membangun Kabupaten Kuningan dan akan terus mengutamakan kepentingan masyarakat. Sehingga pembangunan di Kota Kuda ini dapat terlaksana dengan baik,” ujarnya. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com