Dua Desa Jadi Sasaran Program TMMD

SUBANG (MASS)-  Dua Desa di Kecamatan Serang Panjang yaitu Desa Telagasari dan Cinta Mekar menjadi sasaran kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun 2020 di Kabupaten Subang.

Hal itu disampaikan Komandan Kodim 0605/Subang selaku Dansatgas TMMD Ke-108, Letkol Arh Edi Maryono saat ditemui di Posko TMMD ke-108 di Desa Telagasari Jumat (24/7/20) kepada wartawan.

“Pada TMMD ini ada dua kegiatan yang dilaksanakan yaitu kegiatan fisik dan non fisik,” ujarnya.

Diterangan, kegiatan fisik diantaranya pengerjaan pembukaan dan pembuatan jalan, pembangunan Pos Kampling. Lalu,  Pembuatan Parit, perehaban Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan Pengecetan Masjid.

Sementare  untuk non fisik berupa sosialisasi/penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, kesehatan, bela Negara, kamtibnas dan kesejahteraan rakyat.

Dandim Subang mengharapkan dukungan dari semua pihak serta partisipasi warga masyarakat agar TMMD ini bisa berlangsung dengan baik dan lancar sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat. (agus)

Berikut Kegiatan Kegiatan yang sudah Dilakukan  

Alat Berat Terus Dipantau Tim Satgas TMMD

SUBANG – Desa Telagasari yang mempunyai karakteristik medan berupa bukit dan pegunungan, maka di Program TMMD Reguler ke-108 Kodim 0605/Subang tahun anggaran 2020 menjadi prioritas.

Hingga hari ke 24 anggota Satgas TMMD terus memantau pelaksanaan penimbunan dan perataan tanah untuk jalan penghubung 2 Kecamatan di Desa Telagasari Kecamatan Serang panjang kabupaten Subang pada Jumat (24/07/2020)

Komandan SSK Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Kapten Inf Ernawan mengatakan, sesuai hasil koordinasi untuk material tanah yang diambil akan digunakan untuk menimbun, meratakan dan memadatkan jalan yang masih kurang rata.

Sehingga alat berat menjadi prioritas dalam pengerjaan sasaran fisik ini.

“Ini sangat membantu sekali dalam mempercepat pengerjaan, karena tanah yang diambil langsung kami angkut dengan truk dan di bawa menuju lokasi jalan yang kurang rata,” pungkas Kapten Ernawan. (agus)

Sukseskan TMMD Ke-108, Gelontoran Material Tidak Henti-hentinya   

Subang – Sejumlah material berupa tanah timbunan terus digelontorkan ke sejumlah titik pengerjaan sasaran fisik berupa pembukaan dan pembuatan jalan pada program TMMD ke -108 Kodim 0605/Subang di Desa Cintamekar Kecamatn Serangpanjang Kabupaten Subang, Jum’at (24/7/2020).

Tampak beberapa mobil truk berbaris mengangkut tanah timbunan membongkar muatan, dan di bantu oleh alat berat berupa excavator untuk mengeruk tanah timbunan tersebut.

Alat berat excavator berperan penting dalam program TMMD, selain digunakan untuk melakukan penggalian, pembukaan jalan dan pengambilan material juga dipakai untuk meratakan timbunan di badan jalan guna mempercepat pekerjaan.

Komandan SSK Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Kapten Inf Ernawan berharap cuaca akan mendukung, sehingga tidak banyak mobil truk pembawa material yang terjebak dijalan tersebut sehingga pekerjaan TMMD tidak terhambat dan bisa selesai sesui target waktu yang di rencanakan.

Pengecatan Rutilahu

SUBANG,– Hari ke-25 pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Tahun 2020 di wilayah Kodim 0605/Subang semakin semangat.

Pada pengerjaan sasaran fisik berupa renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) memasuki babak baru yaitu berupa pengecatan dinding rumah pada Jumat (24/07/20).

Menurut Komandan SSK Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Kapten Inf Ernawan mengatakan bahwa hari ini renovasi rumah miliki Ibu Nemah (63) di Dusun Kiara Koneng Desa Telagasari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang, kini mulai prose pengecatan bagian dinding rumah.

“Ibu Nemah pun sangat bersyukur sudah dibantu TNI untuk merehab rumahnya menjadi layak huni dan ini merupakan wujud pengabdian TNI kepada masyarakat ,” ucap Kapten Ernawan.

Program Rutilahu Mak Nemah Sudah Tahap Finishing

SUBANG,- Progres rehab Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik Mak Nemah (63), warga Dusun Talun RT 13 RW 4 Desa Talagasari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang -Jawa Barat memasuki tahap finishing. Jum’at (24/7/2020).

Pekerjaan di rumah Mak Nemah itu adalah melanjutkan pengacian dinding dalam rumah dan pengecatan. Dinyatakan Mak Nemah, dirinya mengaku lega, menyusul rumah yang dikerjakan oleh anggota Satgas TMMD 108 Kodim 0605/Subang bersama warga masyarakat setempat, sudah hampir jadi dia dapat segera menempatinya.

Sementara itu, dipastikan Babinsa Koramil 0504/Sagalaherang selaku anggota Satgas TMMD Sertu Cece Jakaria, bahwa untuk pekerjaan di rumah Mak Nemah akan selesai sebelum TMMD ditutup. Pekerjaan yang tersisa tinggal pengacian dan pengecatan di bagian dalam dan sedikit pengecatan dinding luar rumah,” beber Sertu Cece.

Excavator, Mesin Pembuka Jalan TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang

Subang – Alat berat excavator dioperasionalkan dilokasi TMMD ke – 108 Kodim 0605/Subang, dengan melakukan pengerukan dan penimbunan tanah pada sekitar pembukaan jalan baru, sasaran utama TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang di Desa Cintamekar, Kecamatan serangpanjang, Kabupaten Subang. Jumat, (24/07/2020)

Delapan unit Excavator, tiga Dozer dan 15 truk dikerahkan dalam program TMMD Ke-108 kali ini.

“Delapan unit excavator besar dioperasionalkan di sasaran TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Guna percepatan pengerjaan pembukaan badan jalan sepanjang 8,5 Km dengan lebar 20 meter di Desa Cintamekar ini“ Kata Kapten Inf Ernawan selaku KOmandan SSK Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang.

“Selain untuk menguruk tanah, alat berat juga digunakan untuk membersihkan ranting dan dahan pohon sawit. Karena badan jalan yang dibuka persis berada di tengah perkebunan sawit,” terangnya.

Pembukaan badan jalan yang menghubungkan Kecamatan serangnpanjang dan Kecamatan kalijati terus dipacu.

Antisipasi Maling, Satgas TMMD Galakan Patroli Malam

SUBANG,- Beberapa personel Satgas TMMD ke-108 Kodim 0605/Subang setiap malam rutin melakukan patroli di Wilayah Sasaran TMMD Ke-108 terutama dilokasi pembukaan dan pembuatan jalan baru. Patroli ini dilakukan untuk menciptakan keamanan lingkungan pada malam hari. Terutama mengamankan material dan alat berat.

Danramil 0504/Sagalaherang yang selaku sebagai Dan SSK Satgas TMMD, Kapten Inf Ernawan mengerahkan personel Satgas TMMD untuk melaksanakan patroli malam secara rutin dalam rangka mengantisipasi tindakan kejahatan dan juga menciptakan rasa aman bagi masyarakat.

“titik-titik patroli dilakukan dimulai dengan melakukan pengontrolan Posko TMMD, Sasaran TMMD seperti di lokasi pembukaan jalan dan pembangunan Rutilahu serta wilayah sekitar Kecamatan Serangpanjang yang merupakan sasaran TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang Tahun 2020”, pungkasnya.

Ujang Terpanggil Bantu Pekerjaan Rutilahu TMMD

SUBANG,– Program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0605/Subang di rumah milik Ibu Nemah (63) di Dusun Talun Desa Telagasari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang di hari ke-25 masih terus dilakukan perapihan.

Bahkan, ada warga sekitar yang turut membantu proses perbaikan rumah Ibu Nemah, ialah Ujang (48) warga setempat yang setiap harinya secara sukarela ikut membantu.

“Saya bantu perbaikan rumah Ibu Nemah karena ada simpati membantu. Apa lagi dibantu sama prajurit Indonesia. Tambah semangat jadinya,” kata Ujang di lokasi, Jumat (24/07/20).

Saat ini kata Ujang, di hari ke-24 ia bersama Satgas TMMD mengerjakan pengecetan dinding. “Mudah mudahan selesai sesuai target renovasi rumah Ibu Nemah,” tutupnya.

Peran Besar Excavator di Program TMMD

SUBANG,- Untuk mempercepat proses pekerjaan yang ada di lokasi TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang dalam pengerjaan sasaran fisik berupa pembukaan jalan baru, dari awal pelaksanaan sudah menerjunkan alat berat berupa Excavator.

Hal tersebut dihadapkan dengan kondisi medan yang sulit yaitu berupa bukit dan pegunungan di Desa Cintamekar, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang. Jum’at (24/7/2020)

Dijelaskan Komandan SSK Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Kapten Inf Ernawan bahwa excavator sendiri adalah alat berat yang dioperasikan untuk penggalian dan  pengerukan.

Bahan pengangkut material tanah yang sangat dibutuhkan di TMMD kali ini, karena itu perlu banyak jalan yang ingin ditimbun juga membuat jalan baru sehingga fungsinya sangat vital.

“Kita memang harus menggunakan alat berat seperti excavator, karena dalam proses pembuatan jalan ini perlu penimbunan dan harus membuat jalan terlebih dahulu sebelum membuat jalan baru sehingga untuk memperlebar jalan agar bisa di lewati sesuai dengan ukuran roda kendaraan,” jelasnya.

Satgas TMMD Awasi Alat Berat Bekerja

SUBANG – Personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -108 Kodim 0605/Subang Tahun 2020, melakukan pengawasan proses pengangkutan material tanah untuk pembuatan jalan baru di Desa Telagasari, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jumat (24/07/20).

Komandan SSK Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Kapten Inf Ernawan mengungkapkan bahwa personel Satgas TMMD diterjunkan untuk pengawasan sekaligus memandu alat berat yang berkerja untuk memastikan bahwa pengerjaan proyek TMMD di Desa Telagasari berjalan baik, Sesuai dengan yang sudah ditentukan.

“Setiap hari, pagi hingga sore berada dilokasi pekerjaan pembukaan jalan, alat berat sedikit demi sedikit memangkas tanah yang miring, meratakannya, dan membentuk badan jalan, sehingga sangat dibutuhkan pengawasan yang ekstra agar pengerjaan berjalan dengan lancer,” tutupnya.

Tugu Prasasti TMMD, Sebagai Bukti Kemanunggalan TNI-Rakyat

SUBANG– Anggota Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang yang diterjunkan di Desa Ciawitali Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang Jawa Barat, terus mengebut pengerjaan Monumen/Tugu Prasasti TMMD. Jum’at (24/7/2020)

Pembangunan monumen atau tugu prasasti TMMD dimaksudkan untuk menandai dan mengingatkan bagi generasi mendatang nanti, bahwa ditempat ini pernah dilaksanakan pembangunan yang dikerjakan dalam program TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang tahun 2020 di Desa Ciawitali.

Sasaran utamanya adalah mengerjakan sasaran fisik berupa pembukaan jalan baru sepanjang 8500 meter dan lebar 20 meter.

Disela pengerjaan monumen tersebut, Komandan SSK Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Kapten Inf Ernawan mengatakan bahwa pembangunan tugu prasasti dibangun sebagai bentuk peringatan bahwa di wilayah ini pernah diselenggarakan TMMD.

“Pembangunan tugu prasasti dibuat sebagai bentuk peringatan dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa di Desa Ciawitali pernah dilaksanakan program TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang. Serta sebagai ikon identitas kemanunggalan TNI dengan Rakyat benar-benar terwujud” ujar Kapten Ernawan.

Awasi Kerja Alat Berat Dengan Ketat, Satgas TMMD Berharap dapat Selesai Tepat Waktu

SUBANG – Kinerja operator mendapat pengawasan penuh dari personel Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang pada pengerjaan fisik berupa pembukaan dan pembuatan jalan di Desa Cinta Mekar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang.

Arahan serta petunjuk diberikan personel Satgas TMMD kepada operator alat berat, demi wujudkan jalan yang baik dan sesuai standar.

Komandan Satgas TMMD Kodim 0605/Subang, Letkol Arh Edi Maryono menuturkan, baik tidaknya hasil pembuatan jalan baru ini berada di tangan operator alat berat dan pengawasannya. Untuk itu, Ia berharap, agar mereka bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

“Tugas dan tanggung jawab harus dilaksanakan sebaik mungkin. Itu adalah amanah dan harus dilakukan dengan ikhlas dan segenap kemampuan. Berikan karya terbaik, untuk dikenang masyarakat,” ujar Letkol Edi.

Gleder Ratakan Jalan Di TMMD Reguler

Subang – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 kodim 0605/Subang, samapai dengan hari ke-24 terus melakukan pengerjaan fisik pada pembukaan jalan baru.

Sejumlah alat berat diterjunkan guna melancarkan pengerjaan khususnya saat meratakan material tanah untuk bahu jalan.

Dan Satgas TMMD Ke-108 kodim 0605/Subang, Letkol Arh Edi Maryono, mengatakan kegiatan TMMD saat ini pada pengerjaan penimbunan jalan dengan material tanah merah yang di angkut dengan menggunakan dump truk.

“Untuk menimbun dan meratakan jalan agar maksimal pengerjaannya kita gunakan alat berat jenis gleder, agar jalannya baik dan mulus,” katanya.

TNI dengan masyarakat selalu kerja sama dan gotong-royong mengerjakan pembangunan jalan dan kegiatan fisik lainnya. Ia berharap, agar pembangunan jalan dan pembangunan infratruktur yang lain dapat di kerjakan dengan baik.

Alat Berat Menerjang Sasara Fisik TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang

Subang – Mesin tangan panjang (Excavator) bekerja keras mengejar target pengerjaan pada sasaran fisik berupa pembukaan dan pembuatan jalan di program TNI Manunggal Membangun Desa ke-108 Kodim 0605/Subang tahun anggaran 2020 di Desa Cinta Mekar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang. Jum’at (24/7/2020).

Mesin alat berat tangan panjang (Excavator) ini memang benar-benar luar biasa karena biasa menjangkau medan yang tergolong ekstrim karena jalan yang mau dibuka oleh Satgas TMMD tanahnya tidak stabil.

Salah satu warga Desa Cinta Mekar, Sarnalim (50) menuturkan bahwa setiap hari sejumlah alat berat ini bekerja tanpa henti, sehingga membuat kagum warga sekitar Desa Cinta Mekar.

“Setiap hari mesin alat berat ini bekerja tanpa henti, warga disekitar sini pun kagum melihat hasilnya,” tutup Sarnalim.

TMMD 108 Ke-108 Kodim 0605/Subang, Warga Anggap TNI Adalah Keluarga

SUBANG- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0605/Subang telah memasuki hari ke-24. Progress sasaran fisik terus berjalan sebagiamana yang sudah direncanakan.

Setelah beberapa hari berjalan, masyarakat mulai merasakan kehadiran TNI di dalam hari-hari mereka, bahkan sejumlah warga tidak lagi merasa sungkan dengan para anggota TNI yang bekerja membangun desa.

Seperti yang dirasakan oleh warga, Desa Telagasari, Kecamatan Serang Panjang yang menjadi salah satu lokasi TMMD ke-108. Warga setempat merasa sangat senang ketika TNI datang dan menetap untuk satu bulan dalam program TMMD 108.

Warga setempat bahkan telah merasakan kebersamaan dan kekeluargaan yang begitu erat kepada seluruh anggota TNI.

“Warga disini awalnya menganggap TNI ini sangar dan ditakuti, tetapi setelah membaur mereka merasakan kebersamaan yang luarbiasa,” kata salah satu warga.

Komsos Satgas TMMD “Rakyat adalah ibu kandung TNI”

SUBANG,– “Salut dan bangga melihat kedekatan dan keakraban TNI dengan masyarakat. Masyarakat sangat senang dengan kehadiran Satgas TMMD ke desa kami ini,” timpal Kepala Desa Cintamekar.

Sebelumnya, Dandim 0605/Subang sekaligus sebagai Komandan Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Letkol Arh Edi Maryono menegaskan, pelaksanaan Komsos merupakan bagian dari program TMMD. Sebagai upaya Satgas untuk mengetahui perkembangan situasi wilayah di sekitar lokasi pelaksanaan TMMD.

“Upaya ini juga akan lebih mempererat hubungan antara TNI dengan masyarakat. Rakyat adalah ibu kandung TNI. Jadi, tetap berikan yang terbaik buat Rakyat,” ucap Letkol Arh Edi Maryono.

Melalui giat Komsos, sambung Pemegang tongkat Komando Kodim 0605/Subang itu, pihaknya akan selalu dapat mengetahui segala keluhan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Tentunya juga, saran masyarakat untuk Satgas dalam upaya program membangun Desa.

“Komsos dengan warga, secara tidak langsung memberikan semangat kepada warga untuk selalu aktif dalam mendukung dan membantu selama pelaksanaan TMMD ke -108 Kodim 0605/Subang,” pungkasnya.

Manfaatkan Momen Istirahat, Satgas TMMD Aktif Bangun Komsos

Subang – Kesibukan dan kesungguhan melaksanakan Program TMMD, tidak menjadi penghalang bagi Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang dalam menjalin keakraban dengan masyarakat. Satgas selalu menyempatkan dirinya untuk berkomunikasi sosial (Komsos) bersama warga setempat. Jum’at (24/07/2020)

Walau hanya sekedar ngobrol dan cerita lelucon serta pengalaman sewaktu bertugas, telah menambah keakraban TNI dengan warga Desa Cintamekar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang, Jawa Barat.

“Masyarakat disini sangat ramah dan baik kok. Logat bahasa kedaerahan masih kental, ciri khas Sunda. Jelas dan apa adanya. Senang bisa akrab dengan warga disini,” sebut Serma Aep Sugiri, Satgas TMMD Ke-108, Kodim 0605/Subang.

Penampakan Rutilahu Mak Nemah di Hari Ke-24

SUBANG,- Mak Nemah (63) Warga Dusun Talun RT 13 RW 04 Dusun Kiara Koneng Desa Talagasari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang Jawa Barat, satu diantara 2 warga lainnya yang mendapatkan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH/Rutilahu) dalam program TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang Tahun Anggaran 2020. Jum’at (24/7/20)

Progres sudah mengalami kemajuan berarti di hari ke-25 ini, sejak dimulai 30 Juni 2020 lalu. Sementara rumahnya direhab, Mak Nemah numpang di rumah tetangganya.

Terlihat beberapa personel Satgas yang di ploting di target TMMD ini, sedang melanjutkan pengecatann dinding rumah. Progres yang signifikan ini tidak terlepas dari banyaknya teknisi yang menukangi nenek 63 tahun tersebut. Rehab satu unit Rutilahu lainnya dalam tahap finishing dan progresnya mencapai 91 persen.

Kerja Tim Hasilkan yang Maksimal dalam Pengerjaan TMMD

SUBANG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 0605/Subang secara gotong royong melakukan pengerjaan perehaban Rumah TIdak Layak Huni (Rutilahu) milik Ibu Nemah warga Dusun Talun Desa Telagasari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang, yang baru dibangun oleh para satgas TMMD bersama warga.

Rutilahu milik Ibu Nemah sudah sampai 91 %. Bangunan tersebut terlihat kokoh berkat bantuan tim Satgas TMMD dengan Warga.

Kapten Inf Ernawan, Jumat (24/07/20) mengatakan, ” Kerja tim yang sangat bagus, mereka mengikuti aba – aba dari satu komando sehingga akan terjaga keseimbangan dan kenyamanan dalam bekerja. Tentunya dengan kerjasama yang kompak pasti mengasilkan kerja yang maksimal, sekaligus keamanan semuanya akan terjaga dengan baik.”

Kekompakan tim dalam bekerja tentu akan membuat semua bangga, bahwa satgas dan warga bersatu untuk menghasilkan pekerjaan yang terbaik serta dapat menjaga keamnan masing – masing dan tim kerja.

Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang Gelar P4GN

SUBANG,- Sebanyak 40 Anggota Satgas TMMD 108 Tahun 2020 Kodim 0605/Subang ikuti Pelaksanaan Kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Serangpanjang Subang, Kamis (23/7/2020).

Dandim 0605/Subang Letkol (Arh) Edi Maryono melalui Pasi Intel Kodim 0605/Subang Lettu (Inf) Sukaji mengatakan, kegiatan P4GN ini masuk dalam rangkaian Program Kegiatan TMMD 108 Kodim 0605/Subang.

Bertujuan, agar kegiatan ini TNI selalu menjadi contoh, dan suri tauladan bagi warga Kecamatan Serangpanjang, yang menjadi lokus kegiatan TMMD.

“Kegiatan P3GN ini, sebagai bukti bahwa TNI, khususnya yang tergabung dalam Satgas TMMD 108 Kodim 0605/Subang, benar-benar terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Sekaligus P4GD ini juga sebagai upaya kampanye Kodim 0605/Subang, dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkiba,” ujar Lettu Sukaji kepada wartawan si Subang, Kamis (23/7/2020).

Lettu Sukaji juga menyebutkan, sebagai bukti komitment TNI, khususnya Kodim 0605/Subang terhadap P4GN tersebut, ke-40 orang Anggota Babinsa, yang tergabung dalam Satgas TMMD 108 Kodim 0605/Subang, dilakukan test urine masaal, yang hasilnya negatif semua.

“Dalam kesempatan P4GN ini, kami juga melakukan test urine terhadap Anggota Satgas TMMD, yang hasilnya semuanya dinyatakan negatif,” terangnya.

Ditegaskan Lettu Sukaji, kegiatan P4GN yang dilakukan Kodim 0605/Subang, sebagai upaya kampanye terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Jalan Baru TMMD Ke-108 Membelah Kebun Sawit & Hutan Belantara

SUBANG,– Warga Desa Cintamekar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang -Jawa Barat bersama Satgas TMMD masih bersemangat mengikuti pengerjaan sasaran fisik berupa pembukaan dan pembuatan jalan pada pelaksanaan program TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 0605/Subang, Jum’at (24/7).

Puluhan warga terjun langsung turut membantu pengerjaan pembukaan jalan sambil membawa peralatan yang dibutuhkan. Suasana gotong-royong nampak dalam kegiatan tersebut. Pohon sawit dan pohon hutan tak lepas menjadi sasaran dalam pengerjaan pembukaan jalan.

Salah satu warga Desa Cinta Mekar sebut saja Satimin (39) menuturkan harapan dengan dibukanya jalan baru dapat memudahkan dalam menjual hasil kebunnya.

“Kami selalu susah untuk menjual hasil kebun kami, semoga dengan terbukanya jalan ini maka semua akan menjadi mudah,” kata Satimin.

Bukit Jimat Siliwangi Destinasi Wisata Baru Wilayah Selatan Kabupaten Subang

SUBANG,- Viralnya “Bukit Jimat Siliwangi” di KM 2,5 jalan lintas provinsi di TMMD 108 Kodim 0605/Subang, sudah menjadi destinasi wisata baru di Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang.

Terkait “Bukit Jimat Siliwangi” yang menjadi destinasi wisata baru tersebut. Camat Serangpanjang Indri Tandia mengatakan, kedepan pemerintah kabupaten, dalam hal ini Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Subang, harus membangun sinergi dengan dinas terkait, termasuk dengan pemerintah provinsi Jawa Barat, untuk membangun “Bukit Jimat Siliwangi” tersebut.

“Kedepannya kita harus memikirkan perkembangan “Bukit Jimat Siliwangi” sebagai destinasi wisata baru, yang akan menjadi unggulan di Kabupaten Subang,” ujar Indri kepada wartawan di Subang, Jum’at (24/7/2020).

Sementara itu dikatakan Indri, di lokasi “Bukit Jimat Siliwangi” itu, demi keamanan pengunjung, perlu di bangun sebuah rest area.

“Tak terbayangkan, kedepan jika jalan lintas provinsi ini di buka, akan sangat membahayakan keselamatan para pengunjung. Sehingga saya kira, perlu dibuatkan sebuah rest area,” tegasnya.

Ia berharap, dinas terkait, harus cepat merespon keberadaan “Bukit Jimat Siliwangi” menjadi sebuah destinasi wisata baru di wilayah selatan, yang cukup menjanjikan.

Kemenag Subang : Semoga Kemanunggalan TNI dan Rakyat Semakin Kekal Selamanya

SUBANG,- Program TMMD 108 Tahun 2020 Kodim 0605/Subang, dinilai Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Subang Abdurrohim, banyak membantu tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Kemenag kepada warga di lokasi TMMD.

“Jelas apa yang menjadi program TMMD, banyak membantu semua pihak, termasuk membantu kemenag,” ujar Abdurrohim kepada wartawan di Subang, Jum’at (24/7/2020).

Ia mengungkapkan, yang sudah di bantu TMMD, selain fisik berupa rehab, dan pengecetan sejumlah Mushola dan Mesjid, di lokasi TMMD Kecamatan Serangpanjang.

Termasuk sosialisasi tentang ukhuwah islamiyah, kesalehan sosial, menjauhi narkoba, tata cara sholat berjemaah di mesjid dengan protokol kesehatan, serta tata cara sholat Iedul Adha, dan penyembelihan hewan qurban.

“Terimakasih Satgas TMMD, yang sudah banyak membantu kami di lapangan, terkait sosialisasi yang sudah dilaksanakan selama ini kepada warga, semoga kemanunggal TNI dan Rakyat semakin kekal selamanya,” tegasnya.

Lebih lanjut Abdurrohim menyebutkan, Satgas TMMD juga sudah menggandeng Kantor Kemenag, dan Kantor KUA setempat, serta para Ketua DKM, dan sejumlah tokoh agama di lokasi TMMD 108.

Semoga apa yang sudah diperbuat TNI di TMMD khususnya, menjadi sebuah kebaikan di dunia maupun akhirat kelak. Dan TNI bersama dengan Rakyat, semakin kuat, dalam menjaga keutuhan NKRI.

Hasil Perbaikan Infrastruktur TMMD Beri Akses Ekonomi

SUBANG, – Adanya program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108Kodim 0605/Subang tahun 2020 akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Serangpanjang khususnya pada umumnya warga Kabupaten Subang.

Hasil perbaikan infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Menurut Camat Serangpanjang Indry Tandia bahwa dengan adanya TMMD saat ini, sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan ekonomi terutama hasil sawit.

Awalnya tidak bisa terjual sekarang bisa terjual karena jalan yang semula kecil dan tidak bisa dinaiki kendaraan bermotor sekarang bisa.

“Selain itu juga mempermudah warga yang hendak ke Kalijati. Jalan tersebut juga menghubungkan dua kecamatan, sehingga dapat terjalin komunikasi yang mudah dan baik. Warga sangat bersyukur dan berharap pengerjaan jalan cepat selesai sehingga bisa segera digunakan oleh masyarakat” tambah Indry.

Pada kesempatan yang sama Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0605/Subang selaku koordinator TMMD, Kapten Arm Agus S. membenarkan bahwa jalan ini menghubungkan dua Kecamatan yaitu Serang Panjang dan Cipeiundeuy.

Selain untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Serang Panjang, jalan tersebut juga mempermudah akses pendidikan, karena anak-anak sekolah akan menempuh jarak yang lebih dekat menuju sekolah, apalagi bersekolah di daerah Kecamatan Cipeundeuy.

Kerja Tulus , Jalan Desa Jadi Mulus

SUBANG – Berkat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 0605/Subang jalan sudah tembus diperkirakan mencapai hasil 89 persen, dimana jalan tersebut menghubungkan dua kecamatan, yakni Kecamatan Serangpanjang dan Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang.

Jalan yang dulunya merupakan jalan setapak kini berubah menjadi jalan yang lebar dan mulus, hasil ini semuanya berkat TNI dan warga yang bekerja dengan tulus dan penuh keikhlasan.

TNI dan rakyat manunggal dalam kegiatan TMMD ini, dengan bergotong royong membangun jalan, berharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya pembangunan jalan yang di lakukan oleh Satgas TMMD ke-108 oleh Kodim 0605/Subang ini membuat jalan kecamatan Serang Panjang menuju Kecamatan Cipeundeuy menjadi halus dan perekonomian akan menjadi mulus.

TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang Penggerak Perekonomian Rakyat

SUBANG,- Komandan Kodim 0605/Subang selaku Dansatgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang Tahun Anggaran 2020 Letkol Arh Edi maryono menjelaskan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini berlangsung selama satu bulan atau 30 hari.

Adapun programnya terdiri dari beberapa sasaran diantaranya Sasaran fisik berupa pembukaan dan pembuatan jalan, pembuatan parit kanan dan kiri jalan, perehaban RUmah Tidak Layak Huni (Rutilahu), pembangunan Pos Kamling serta pelaburan dan pengecatan Mesjid dan banyak lagi sasaran tambahan lainnya. Jum’at (24/7/2020).

Selain sasaran fisik, pihaknya juga melakukan program non fisik seperti kegiatan dalam bentuk penyuluhan atau sosialisasi seperti penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Kesadaran Bernegara dan Bela Negara, Bahaya Narkoba, kesehatan dan lain sebagainya.

“Tujuan TMMD ini adalah untuk membantu Pemerintah Daerah dalam pembangunan dengan sasaran desa terpencil atau desa yang sama sekali belum tersentuh dengan pembangunan dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Letkol Edi.

Dansatgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang juga menambahkan bahwa dampak dari program TMMD mulai dirasakan oleh masyarakat sekitar lokasi TMMD diantaranya terlihat sejumlah warga sedang berjualan dilokasi pengerjaan pembukaan jalan baru di Desa Telagasari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang.

“Manfaat dari program TMMD ini juga mulai dirasakan dampaknya oleh masyarakat sekitar lokasi TMMD, dianataranya dapat menjadi penggerak dalam meningkatkan taraf perekonomian rakyat,” tambahnya.

Tumpukan Tanah Merah Penuhi Ruas Pembukaan Jalan

SUBANG,– Warga Desa Cintamekar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang Jawa Barat bersama Satgas TMMD dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 0605/Subang Tahun Anggaran 2020, semangat ikuti pembukaan jalan baru penghubung antara Kecamatan Serangpanjang dengan Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang.

Puluhan warga terjun langsung membawa peralatan pembukaan jalan. Seperti cangkul, cakil, besi linggis hingga alat lainnya.

Nampak batu besar yang tersisa di singkirkan. Tanah lereng gunung yang ada juga harus di ratakan.

“mana yang belum lebar kita lebarkan. Karena sebagian ruas jalan sempit dan tidak cukup,” kata Eman (43), warga Desa Cintamekar saat dikonfirmasi, Jum’at (24/7).

Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Cek Material Urugan Jalan Baru

SUBANG,– Untuk mengetahui hasil pembukaan dan pembuatan jalan baru berjalan dengan baik, Tim Satgas TMMD Ke-108 kodim 0605/Subang setiap harinya selalu melakukan pengawasan dan pemantauan.

Monitoring sangat perlu dilakukan agar pencapaian sasaran program dapat terlaksana sesuai standar kualitas.

Jalan sepanjang 8,5 Km dan lebar 20 Meter yang menghubungkan 2 kecamatan, yakni kecamatan Serangpanjang dan Kecamatan Cipeundeuy dikerjakan oleh Tim Satgas TMMD Ke-108 kodim 0605/Subang dengan masyarakat sekitar. Disini peran TNI Manunggal bersama warga sangat kental.

“Kita pantau terus jalannya pembangunan jalan itu, sebab hasilnya biar bagus. Ini bukti TNI Manunggal bersama rakyat dalam program TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang. Kita lakukan bersama warga secara langsung.” Ucap Dan SSK Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Kapten Inf Ernawan.

Pengerjaan jalan baru telah mencapai hasil 90 persen. Dan rencananya penutupan program TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang ini akan dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2020 nanti.

Hanya Beberapa Hari Direhab, Rumah Nemah Sudah Tampak Hasilnya

SUBANG,- Pengerjaan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH/Rutilahu) program TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, milik Nemah (63) warga Dusun Talun RT. 13 RW. 04 Desa Talagasari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang, Jawa Barat sudah mencapai pengacian dan pengecatan, Jum’at (24/07/2020).

Sejak dipugar dan mulai direnovasi pada 30 Juni 2020 lalu, progres yang sudah berjalan selama 25 hari ini, tentunya takkan tercapai jika dikerjakan sendiri oleh anggota Satgas TMMD.

Namun, dengan bergotong-royong bersama masyarakat setempat serta komponen lainnya, dalam beberapa hari ke depan, rumah tersebut akan rampung.

Hal ini dibenarkan Bati Tuud Koramil 0504/Sagalaherang, Peltu Asep. walaupun pengerjaannya sangat cepat namun tidak mengesampingkan kualitasnya.

“Ini juga berlaku bagi satu unit rumah warga lainnya yang menerima program bedah rumah serupa. Meskipun dikerjakan sangat cepat, namun kita tetap memperhatikan kualitas bangunan, jadi tidak asal-asalan,” tegasnya.

Sementara pemilik rumah merasa bangga dengan capaian yang ditorehkan, sebentar lagi Mak Nemah akan segera dapat menempati bangunan layak huni dan sehat

Sejumlah Alat Berat Siap Tuntaskan Sasaran Program TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang

SUBANG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Kodim 0605/Subang yang digelar di Desa Telagasari dan Desa Cinta Mekar Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang sudah berlangsung sampai hari ke-24.

Hal ini terlihat sejumlah alat berat yang diterjunkan pada pengerjaan sasaran fisik berupa pembukaan dan pembuatan jalan baru. Jum’at (24/7/2020).

Pembukaan dan pembuatan jalan sepanjang 8,5 kilo meter dari mulai Kecamatan Serangpanjang sampai Kecamatan Cipeundeuy diharapkan selesai dikerjakan sesuai jadual yang telah ditentukan.

Menurut salah satu anggota Satgas TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, Sertu Ujang, proyek jalan saat ini masih berupa hamparan tanah merah dan ada sedikit pengerasan dari batu dengan harapan dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat.

“Apalagi akses jalan jalan yang membelah hutan salah satu akses jalan bagi warga untuk beraktifitas baik ke kebun, jalan bagi anak sekolah, serta melakukan aktivitas lainnya,” tandasnya.