Ditarget 3 Juta Ton, Penanam Kedelai Dimulai

KUNINGAN (MASS)- Bertempat Di Desa/Kecamatan Cibingbin Babinsa Desa Cibingbin dari Koramil 1506/Cibingbin Kodim 0615/Kuningan melaksanakan pendampingan penanaman kedelai di Pokja 3 lahan Perhutani pada  hari Kamis (11/1/2018). Kegiatan ini merupakan Program Refusing Kedelai yang dilaksanakan oleh dinas Pertanian bekerjasama dengan Purhutani  Kuningan dan Kodim 0615/Kuningan.

Kegiatan ini merupakan program pemerintah agar seluruh jajaran Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi dan Kabupaten/Kota memaksimalkan lahan PATB kedelai, lahan bera, lahan pasang surut, lahan perhutani, dan lahan perkebunan tanaman belum menghasilkan (TBM), serta lahan eks tambang untuk ditanami kedelai.

Sasaran Produksi Kedelai tahun 2018 ditetapkan sebesar 3 juta ton dengan Prognosa kebutuhan kedelai sebesar 2,6 juta ton. Swasembada kedelai awalnya ditarget tahun 2019, namun Pemerintah berupaya keras agar Swasembada bisa dimulai tahun 2018.

Pengawalan dan pengamanan juga diharapkan dapat dilakukan oleh Babinsa koramil 1506/Cibingbin kopka Edi Tarjoni dan PPL Dinas Pertanian Kab. Kuningan. mulai dari persiapan tanam sampai panen, dan memastikan terjadi peningkatan produktivitas dan produksi kedelai di Wilayah Kab Kuningan.

Sinergisme provinsi dan Kabupaten/Kota ditambah dengan dari Unsur TNI. Dalam pengawalan program swasembada kedelai juga diminta untuk dapat ditingkatkan, serta memastikan seluruh stakeholders dapat memaksimalkan peran masing-masing dalam mendorong peningkatan produksi dan pengamanan melalui pembelian hasil panen dalam negeri dengan menggerakkan seluruh potensi yang ada. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com