Bupati Acep Ekspose Keberhasilan Pengarusutamaan Gender

KUNINGAN (MASS)- Kabupaten Kuningan untuk ketiga kalinya kembali mengikuti ajang tingkat nasional. Ajang itu adalah  Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Presiden Republik Indonesia.

Selama sepekan Bupati Kuningan Acep Purnama, telah melakukan sejumlah persiapan bersama dengan Tim Driver PUG dari unsur Dinas Sosial PPPA, Bappeda, Inspektorat, BPKAD dan unsur stakeholder lainnya yang tergabung dalam Kelompok Kerja PUG. dalam rangka ekspos di hadapan Tim Penilai Independen APE mengenai evaluasi pelaksanaan pembangunan pengarusutamaan gender di Kabupaten Kuningan.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) adalah sebuah penghargaan bergengsi dari presiden melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai apresiasi bagi kementerian/lembaga.  Pemerintah provinsi serta kabupaten/kota yang telah antusias mendokumentasikan dan menyampaikan informasi secara online mengenai upaya hasil yang telah dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Dinas Sosial PPPA Kabupaten Kuningan selaku koordinator pelaksanaan Pengarusutamaan Gender, selama tahun 2017-2018 telah mengumpulkan data dan dokumen pembangunan dari setiap lembaga/instansi pemerintah dan non pemerintah di Kabupaten Kuningan.

Data dan hasil kajiannya menjadi bahan ekspos bupati dihadapan tim verifikasi. Kabupaten Kuningan sudah 2 kali mendapatkan Penghargaan APE Tingkat Pratama pada tahun 2013 dan 2016. Tahun ini diharapkan dapat diraih kenaikan tingkat Kategori APE menjadi Tingkat Madya.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com