Belum Bayar Pajak Malu Dong Sama Bupati!

KUNINGAN (MASS) – Meski jumlah kendaraan di Kabupaten Kuningan mencapai 313.028 unit. Namun, sayangnya masih banyak pemilik kednaraan yang tidak melakukan daftar ulang atau menunggak bayaran.

Dari Data Kantor Bappenda Provinsi Jabar Cabang Kuningan bulan Januari 2018 total kendaraan sebanyak 331.028 unit. Namun jumlah kendaraan yang tidak melakukan daftar ulang atau tidak membayar pajak cukup tinggi sebanyak 74.875 KBM (23,79%).

Jumlah ini tersebar di di seluruh kecamatan. Pada tahun 2018 sendiir target pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama di Kabupaten Kuningan sebesar Rp135.554.000.000.

“Tingginya angka yang belum membayar pajak kendaraan, sangat berpengaruh terhadap capaian target pendapatan yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap dana bagi hasil Kabupaten Kuningan,” papar Bupati Kuningan Acep Purnama pada acara Sosialisasi dan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor di halaman Setda Kabupaten Kuningan, Senin, (5/2/2018)

Orang nomor satu di Kota Kuda itu mengharapkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala desa/kepala kelurahan, untuk mengarahkan dan mengingatkan serta mengajak masyarakat pemilik kendaraan sepeda motor segera melunasi tunggakannya.

“Apabila kendaraan-nya sudah berpindah kepemilikan agar segera melaporkan ke Kantor Samsat untuk dilakukan proteksi dan pemutahiran data,” sambungnya.

Dalam rangka memudahkan masyarakat melakukan pembayaran pajak, bupati menerangkan, beberapa inovasi telah diluncurkan, diantaranya melalui e-Samsat, Sipolin, Sambara, e-Samsat Nasional, aplikasi Smartphone.

Selain itu melalui Samsat on Call, yaitu bagi masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak lebih dari 10 orang dapat menelepon atau SMS ke- Nomor 0823-2031-1696, maka samsat gendong akan hadir untuk melayani masyarakat.

Disisi lain untuk menekan angka tunggkan digelar kegiatan operasi terpadu. Kegiatan ini dilaksanakan setiap triwulan dengan melibatkan unsur Polri, Denpom, Dinas Perhubungan Kabupaten, Jasa Raharja dan Cabang Pelayanan Pendapatan Daerah Jawa Barat.

“Bagi masayarakat yang sulit atau jauh ke lokasi kantor induk Samsat bias melakukan pembayaran pajak di Samsat outlet di KCP BJB Luragung, Mobil Samsat Keliling (Samling) yang akan mengunjungi setiap kecamatan sesuai dengan jadwal,” ujarnya.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com