Beginilah Keramaian Festival Budaya Paniis Ngahiji

KUNINGAN (MASS)- Wakil Bupati Kabupaten Kuningan M Ridho Suganda SH MSi menghadiri Festival Budaya Paniis “Ngahiji”. Acara ini digelar di Desa Paniis Kecamatan Pasawahan pada Minggu (17/2/2019).

Acara tersebut dilaksanakan mulai tanggal 15-18 Februari 2019. Adapun acaranya yang digelar adalah Ziarah Kubur, Tasyakuran (Do’a Bersama dan Kirab Bersama), Sedekah Bumi dan Gelar Budaya, Temu Wicara, dan Pasar Rakyat .

Bukan hanya itu ada juga Festival Kaulinan Budak yang terdiri dari permainan Boy-boyan, balap ban. Lalu, oray-orayan, enggrang, soldah, dagongan prepet jengkol, balap sarung dan lain sebagainya.

Dalam Sambutannya Ridho menyampaikan rasa bangga hati dan bergembira bisa hadir dan bertemu warga Desa Pani’is sekaligus mengahdiri acara Festival Budaya Pani’is ini. Hal ini merupakan wujud Kabupaten Kuningan MAJU (Mandiri, Agamis, Pinunjul Berbasis Desa tahun 2023).

“Alhamdulillah saat ini Desa Pani’is bisa mendukung Visi dan Misi tersebut, karenanya saat ini pemerintah daerah sedang mendorong perkembangan desa untuk mewujudkan potensinya masing-masing. Marilah kita wujudkan Desa Pinunjul, oleh karena itu marilah kita bersama-sama bekerja keras, bekerja sama dan bergotong royong mewujudkan Kuningan MAJU”, ujar Ridho.

Karena di Kabupaten Kuningan banyak sekali berbagai potensi yang bisa dikembangkan, khususnya di Desa Paniis, maka dari itu untuk bisa mempersiapkan SDM untuk dapat menunjang segala program yang ada di Desa Pani’is, sehingga nanti di Kabupaten Kuningan memiliki berbagai banyak potensi yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Di sela-sela acara Festival Budaya Paniis ini, Ridho menyempatkan untuk mencoba bermain permainan tradisional bersama masyarakat. Permainan itu diantaranya enggrang, balap sarung dan sondah. serta mengunjungi berbagi stand makanan tradisional dan Produk UMKM. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com