Begini Kemeriahan Festival Linggarjati

KUNINGAN (MASS) Festival Linggarjati ke 71, Selasa (14/11) digelar di di halaman Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Desa Linggajati Kecamatan Cilimus. Acara ini dibuka oleh Wakil Bupati Kuningan Dede Sembada.

Sekedar informasi Festival Linggarjati merupakan agenda tahunan. Kegiatan ini dihelat  bagian dari peringatan peristiwa bersejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah melalui upaya diplomasi.

Selain itu, acara ini dalam rangka memperingati hari angklung sedunia. Banyak kegiatan yang digelar dalam acara yang akan berlangsung selama dua hari itu.

“Salah satu upaya diplomasi adalah yang dilakukan pemerintah Republik Indonesia adalah perundingan yang dilaksanakan pada tanggal 11-13 November 1946 antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Belanda yang berlangsung di Desa Linggajati, sehingga dikenal dengan Perundingan Linggarjati,” uajr wabup.

Menurutnya, sebagai salah satu destinasi wisata sejarah terpopuler dan sebagai bangunan cagar budaya nasional sudah sepatutnya Gedung Perundingan Linggarjati dijaga dan dilestarikan.Hal itu  itu mengingat gedung ini secara tidak langsung telah menghantarkan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan .

“Festival Linggarjati seperti ini bisa menjadi ajang promosi pariwisata Kabupaten Kuningan sekaligus mengingatkan kembali bangsa Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Kuningan terkait perjuangan para pemimpin bangsa,” jelasnya .

Sementara itu, pada hari kedua atau Rabu digelar lomba lari 10 KM. Parade sepeda ontel dan banyak lagi. Warga Kuningan bisa datang untuk menikmati acara tersebut. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com