Aher Dorong Potensi Kepariwisataan Kuningan

KUNINGAN (Mass) – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mendorong Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH untuk memfokuskan potensi kepariwisataan daerah yang berorientasi pada pemberdayaan perekonomian masyarakat dan sumber daya lokal Kuningan. Hal itu diungkapkan langsung gubernur jabar saat melantik bupati baru Kabupaten Kuningan di Gedung Sate Bandung kemarin, Rabu (15/6).

“Saya mendorong saudara bupati untuk memfokuskan kebijakan pengembangan agropolitan dan kepariwisataan daerah,” ucap Aher sapaan akrab gubernur Jabar asal PKS (Partai Keadilan Sejahtera) itu.

Lalu, Aher berpesan bahwa dalam mengelola investasi yang kian bertambah Kuningan bisa memperhatikan prinsip pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, sebagai pijakan pembangunan serta memperhatikan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup dalam kerangka kabupaten konservasi.

“Dalam rangka mewujudkan visi dan misi RPJMD maupun RPJPD provinsi Jabar, maka Pemprov akan terus memberikan perhatian mengakselerasi pembangunan ekonomi kesejahteraan modernisasi dan keberlanjutan pembangunan di wilayah III Ciayumajakuning, termasuk Kabupaten Kuningan sebagai bagian dari wilayah pengembangan metropolitan Cirebon Raya,” bebernya.

Berdasarkan RT/RW pembangunan Jabar Tahun 2009-2029 kata Aher, tema pengembangan Ciayumajakuning adalah mendorong pengembangan wilayah gerbang timur Jabar. Khusus untuk Kabupaten Kuningan difokuskan sebagai pusat kegiatan lokal dengan sarana dan prasarana pendukung pertanian, wisata alam, agro industry, daerah konservasi utama, taman nasional gunung ciremai, dan perlindungan sumber daya air yang masih berlimpah di Kuningan.

“Oleh sebab itu, saya mengajak pemerintah Kabupaten Kuningan untuk menjalin kemitraan yang sinergis dengan semua stake holder, baik pusat, provinsi, DPRD, pihak swasta, akademisi serta masyarakat luas,” pintanya.

Sementara Bupati Acep menuturkan, untuk pariwisata pemerintah daerah sendiri sudah mempunyai Perda RPJPD, serta salah satunya mengarah pada Kuningan ingin menjadi tujuan pariwisata termaju di Jabar.

“Untuk itu, Kuningan akan memanfaatkan potensi alam, sumber daya alam yang memang perlu ada pengolahan lebih serius. Sehingga di Tahun 2025 itu, Kabupaten Kuningan akan menjadi tujuan pariwisata termaju di Jabar,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com