Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Empat Dusun di Desa Kertawirama Diterjang Longsor

KUNINGAN (MASS)- Hujan deras yang terjadi pada Jumat dari pagi menyebabkan terjadi longsor di empat dusun yang ada di Desa Kertawirama Kecamatan Nusaherang.

Menurut Kalal BPBD Kunigan IndraBayu Permana , empat dusun yang diterjang bencana longsorng adalah Dusun Puhun RT 003 RW 001. Kemudian Dusun Manis RT 008 RW 003.

Selanjutnya, Dusun Wage RT 012 RW 004 dan Dusun Kaliwon RT 007 RW 002. Dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Diterangkan, untuk  Dusun Puhun RT 003 RW 001

TPT milik Sutara (43) dan milik Wari (39)  longsor menimbun saluran irigasi.

Selanjutnya, di Dusun Manis RT 008 RW 003 TPT rumah milik Maman Nuryaman (53) longsor mengancam tembok dan pondasi rumah bagian samping.

“Selain itu juga  menimbun saluran irigasi, lahan pertanian dan kolam ikan milik Bapak Asep (44),” ujarnya.

Sementara itu, Dusun Wage RT 012 RW 004 TPT rumah milik Harjono (70) jiwa longsor mengancam rumah bagian dapur terseret.

Longsor juga menimbun akses jalan lingkungan TPT rumah milik ibu Ijah (63)  longsor mengakibatkan pagar rumah ambruk.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Untuk di Dusun Kaliwon RT 007 RW 002 lanjut pria yang dipangggil IB itu,  TPT jalan lingkungan longsor. Peyebab longsor adalah hujan intensitas sedang hingga lebat pada hari Jumat dari pukul 11.00 -14.30 WIB mengakibatkan TPT longsor.

“Upaya yang sudah kami lakukan adalah menurunkan Tim Asessment dan bantuan logisti.Selain itu juga  desa berkoordinasi dengan Kecamatan, TNI, POLRI, dan BPBD Kuningan,” jelasnya.

Dikatakan, pemilik rumah dibantu Aparat Desa dan masyarakat membersihkan material longsoran, menata saluran air dan pemasangan terpal untuk mengantisipasi longsor susulan.

Sementara untuk keutuhan  darurat  logistik pengerahan masa, penataan lingkungan dan saluran air, material bangunan, terpal.

“Pembersihan matrial longsoran dilanjutkan besok hari Sabtu 5 Februari 2022,” pungkansnya. (agus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Religious

MALEBER (MASS) – Sebanyak 285 anak yatim dan dhuafa, mendapatkan santunan dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Hikmatul Islam Desa/Kecamatan Meleber, Sabtu (23/4/2022) kemarin. DKM,...

Advertisement