Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Politics

Dukung Perubahan Dapil Pemilu, Agi: Biar Berimbang

KUNINGAN (MASS) – Rancangan penataan ulang daerah pemilihan (Dapil) yang menjadi alternative pada pemilihan legislative 2024 direspon baik dari berbagai pihak. Tak tekecuali dari Agi Rahaden Ranu mahasiswa ilmu politik Universitas Siliwangi.

Menurutnya, dengan adanya wacana tersebut dirasa sudah tepat, karena apabila dilihat adanya wilayah yang kurang proporsional atau kurang berimbang. Karenanya, lanjut Agi, perlu adanya pemerataan Dapil.

”Saya berfikir sudah seharusnya alternative 6 Dapil ini dilaksanakan melihat ada beberapa daerah pemilihan kurang proporsional,” ujarnya, Kamis (24/11/2022) kemarin.

Baca : https://kuninganmass.com/kuningan-jadi-6-dapil-ini-rancangan-kpu-untuk-pemilu-2024/

Dengan rancangan yang ada, lanjutnya, diaharapkan kedepannya daerah pemilihan akan lebih proporsional. Dirinya mencontohkan, saat ini yang existing jumlah koutanya sangat jauh berbeda.

“Ada 3 wilayah dengan 12 kursi,1 wilayah 8 kursi,dan 1 wilayah hanya 6 kursi. Ini yang menjadi landasan mengapan perlunya rancangan pembagian daerah pemilihan menjadi 6 Dapil,” tuturnya.

Usulan rancangan alternatip dari 5 Dapil menjadi 6 Dapil ini, kata Agi, merupakan komposisi alternative yang memperhatikan aspek proporsionalitas yaitu adanya kesetaraan alokasi kursi antar Dapil agar tetap terjaga perimbangan alokasi kursi setiap Dapil.

“Selain alasan diatas ada juga alasan mengapa perlu adanya penambahan Dapil, karena sudah barang tentu akan adanya penambahan jumlah penduduk serta jumlah daftar pemilih tetap pada pemilu 2024 mendatang,” ujarnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Menyikapi Berita Acara KPU Kuningan nomor 460/PL.01.3-Pu/3208/2022 tentang Rancangan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kuningan Dalam...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Pada Pemilu 2024 mendatang, KPU Kuningan sudah mulai merancang Daerah Pemilihan (Dapil) untuk anggota DPRD. Hal itu, sesuai dengan Peraturan KPU...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Pimpinan dan puluhan anggota DPRD Kabupaten Kuningan, berangkat untuk mengikuti Bimtek (Bimbingan Teknis) / Workshop di Bandung. Keberangkatan legislatif itu. dibenarkan...

Politics

KUNINGAN (MASS) – Para veteran perang, para pejuang di masa lalu, termasuk di Kabupaten Kuningan, nampak terharu sekaligus sumringah di peringatan Hari Pahlawan, Kamis...

Advertisement