Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Business

Dua Bulan Tak Produksi, Perajin Tape Mulai Berseri

KUNINGAN (MASS)- Wabah corona membuat perajin tape khas Kuningan berhenti total produksi. Situasi ini membuat ratusan perajin menjerit karena tidak ada pemasukan.

Namun, memasuki lebaran usaha sedikit membaik karena mulai adanya pesanan. Meski ada beberapa yang mendadak dibatalkan.

“Dua bulan off, sedih dan bingung. Pada awal puasa ada pesenan tapi tiba-tiba dibatalan karena toko tutup. Begitu juga rumah makan,” ujar Sukaesih perajin asal Desa Tarikolot Kecamatan Cibeu 99 99reum kepada kuninganmass.com, Minggu (24/5/2020).

Namun, menjelang lebaran ada pesanan dari Bandung, Ciamis dan Jakarta. Saat ini pesanan 2 kwintal per hari atau rata-rata 150 ember.

“Mudah-mudahan terus mengalir meski yang pesan adalah harga toko,” ujar perempuan yang dikenal dengan sebutan Mamah Panji itu.

Ia mengaku, dengan banyak pesanan bukan hanya ia yang bisa hidup, tapi juga para tetangga yang biasa bekerja.

Para pemasok beras ketan, tukang pengambil daun jambu dan katuk. Sehingga modal pun kembali berputar.

Sekadar informasi pada saat lebaran tahun lalu pesanan tape membludak. Bahkan, banyak perajin yang menolak pesanan mendadak karena sudah penuh.

Tape khas Kuningan berbeda dengan yang lain karena selain menggunakan ember hitam sebagai wadahnya, juga menggunakan daun katuk sebagai pewarna. (agus)  

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Politics

KUNINGAN (MASS) – Pada Minggu (25/4/2021) sore, PKS muda Chapter Kuningan membagikan takjil kepada masyarakat, di sekitaran mesjid At-Taqwa Ciawigebang. Kegiatan sendiri berkolaborasi dengan...

Social Culture

KUNINGAN (MASS) – Motor klasik dan antik seperti Vespa, ternyata bukan cuman hobi semata. Tapi bisa menjadi wadah untuk melakukan kebaikan bersama. Seperti yang...

Government

KUNINGAN (MASS) – Pemilihan Ketua RT di Rt 09 Rw 03 Gang Jembar Kelurahan Purwawinangun Kecamatan Kuningan tidak seperti tempat lainnya. Jika biasanya digelar...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Salah satu praktisi dan pengelola panti rehabilitasi, Iyan Mukdiana yang menjalankan Padepokan Cipta Wening Subang Kuningan menyebut para pecandu narkotika sebenarnya...

Advertisement