Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Ditengah Terpaan Konten Video, Tim Majalah Akyas dan GenQ Ponpes HK Lakukan Ini

KUNINGAN (MASS) – Banjirnya konten video yang kerap tayang di berbagai media social dan media massa berbasis internet, dihadapi dengan tenang oleh tim redaksi majalah Akyas dan GenQ Ponpes Husnul Khotimah. Belum lama ini, Sabtu (19/3/2022), mereka mengadakan pelatihan guna lebih mendalami ilmu kejurnalistikan.

Dua pemateri dihadirkan, baik dari internal ponpes dan juga dari praktisi media massa. Dari internal yaitu H Sanwani yang menjabat kepala Divisi Humas dan Dakwah Ponpes Husnul Khotimah, sedangkan dari praktisi yakni Deden Rijalul Umam, pemred kuninganmass.com.

Selama beberapa jam, tim majalah Akyas dan GenQ menyimak serius apa yang dituturkan pemateri. Mereka lebih mengkhususkan pada bagaimana teknik menulis berita. Ditengah terpaan konten video, karya jurnalistik berupa tulisan dianggap mereka tetap penting untuk dipelajari.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Karena meskipun berupa konten video, naskah tulisannya tetap harus ada. Apalagi jenis medianya berupa majalah. Maka dari itu, belajar menulis berita atau karya jurnalistik lainnya disini sangat penting untuk dipelajari,” ujar Afriadi, pembina tim.

Rizki, Afnan dan lainnya terlihat aktif menanyakan seputar penulisan karya jurnalistik kepada pemateri. Mereka mendalami tentang rumus piramida terbalik, hingga news value, bahkan termasuk teknik wawancara. Diakhir sesi, peserta praktek langsung menulis berita yang dilanjutkan dengan evaluasi.

Sementara itu, Kadiv Humas dan Dakwah, H Sanwani menjelaskan, majalah internal ponpesnya sudah ada sejak 2 Mei 2006. Selama belasan tahun, majalah tersebut berusaha untuk terus membagikan ilmu dan informasi bukan hanya kepada para pengajar dan murid, melainkan pula kepada wali murid.

“Bukan hanya media informasi internal, keberadaan majalah ini bisa dijadikan bekal bagi pengelolanya dikemudian hari. Siapa tahu nanti ada yang menjadi jurnalis media nasional, bahkan mungkin media internasional,” harap Sanwani. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Pada hari ini (19/6/2022), Pondok Pesantren Husnul Khotimah telah mengadakan acara Haflah At Takhorruj atau pelepasan wisudawan/wisudawati santri Husnul Khotimah. Bertempat...

Education

KUNINGAN (MASS) – Dalam waktu dekat, Anies Baswedan, seorang putra Kuningan yang kini menjabat Gubernur DKI Jakarta, akan memeriahkan sebuah event besar yang digelar...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Pemimpin itu ibarat hati dalam tubuh. Artinya, kebaikan dan keburukan seorang pemimpin itu berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat yang dipimpinnya. Jika hati...

Education

KUNINGAN (MASS) – Pondok Pesantren Husnul Khotimah 1 menyelenggarakan Haflah Attakharruj (Wisuda) angkatan 24 tahun pelajaran 2020/2021.  Sebanyak 667 santri diwisuda secara ofline dan...

Advertisement