Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Anything

Disambut Puluhan Kades Setelah Dipastikan Kembali Nahkodai Pramuka, Rana: Tidak Ada Nilai Politis 


KUNINGAN (MASS) – Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kuningan IX tahun 2022, kembali memunculkan Rana Suparman S Sos sebagai ketua.

Hal itu, dipastikan setelah para peserta muscab, memilih Rana secara aklamasi, Kamis (10/2/2022) siang. Dengan terpilihnya kembali Rana, artinya Rana kembali akan menahkodai Kwarcab Kuningan selama 5 tahun kedepan.

Yang menarik, terpilihnya kembali Rana memimpin Kwarcab, disambut ucapan selamat dari banyak elemen. Saat keluar dari gedung setelah terpilih secara aklamasi, Rana disambut ucapan selamat dari puluhan Kepala Desa se-kabupaten Kuningan. 

Hadir juga memberikan selamat, tokoh agama, aktivis mahasiswa dari GMNI dan BEM Unisa, juga rekan sesama Rana di gedung parlemen seperti Yaya (anggota DPRD F-PKS).

“Tidak ada nilai politis,” jawab Rana saat ditanya kenapa banyak elemen hadir dan menyelamatinya, setelah terpilh jadi Ketua Kwarcab Kuningan di sekitaran KIC.

Adanya kades yang hadir, lanjut Rana, karena Pramuka bertugas menyelesaikan masalah pasca pandemi. Dan kepala desa, adalah salah satu piranti penunjangnya.

Selama 2,5 tahun ini, sebut Rana, anak-anak banyak tidak beraktivitas di sekolah, kebanyakan di rumah. Pramuka, kata Rana, harus jadi kekuatan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Anggap Pandemi ini seperti (bom atom) Nagasaki dan Hiroshima, maka saat itu kekuasaan jepang bertanya, berapa jumlah guru yang tersisa. Nah sekarang pandemi ini, saya akan bertanya kepada Pramuka (yang kebanyakan kaum pendidik), berapa guru yang masih punya kekuatan semangat kuat mendidik anak-anak,” sebutnya sembari mengaitkan kepala desa, jadi salah satu piranti pendukung pendidikan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lanjut Rana, Kades jangan kaku kepada pramuka. Apalagi, hal itu sebagai dharma bhakti ke lemah cai dan menyelamatkan generasi.

“Jadi tidak ada nilai politis saya mengundang ini, justru mengakrabkan (kades). (Lalu aktivis) Mahasiswa juga tidak sebatas autokritik kepada pemerintah, tapi sekarang ini, mulai saya tarik isunya pada penyelesaian masalah covid, dan menumbuhkan karakter bangsa,” sebutnya.

Dari mahasiswa, ketua GMNI Wowo menyebut pihaknya mengucapkan selamat kepada Rana Suparman yang terpilih sebagai ketua Kwartir Cabang Kabupaten Kuningan.

“Semoga dalam mengemban tugas serta fungsinya di ke-pramukaan, beliau dapat menjadi sosok figur yang memotifasi banyak orang yang menuju arah Kabupaten Kuningan yang berkemajuan,” sebutnya.

Wowo kemudian menceritakan sekilas tentang kiprah Rana Suparman. GMNI Kuningan, kata Wowo, sangat mengapresiasi kehadiran beliau dalam gerakan gerakan keorganisasian yang dijalaninya. 

Apalagi, jika dilihat dari perjalanan Rana ditengah terhimpitnya ekonomi dan tindakan keras dari rezim orde baru kala itu, Rana dianggap mampu konsisten dalam gerakan organisasi di GMNI.

Aktivitasnya di gerakan organisasi terus berlanjut, hingga pada tahun 2002, Rana mampu menginisiasi kehadiran GMNI Kuningan yang hingga saat ini tumbuh subur. 

“Kami berharap saat terpilihnya sekarang menajdi Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Kuningan tidak menghentikan langkah darma bakti terhadap ruang-ruang nasionalisme yg sesuai pada ajaran Bung Karno,” harap Wowo.

Senada, Presma Unisa Dika Purbaya juga mengucap selamat pada Rana, yang disebutnya mampu menumbuhkan ruang-ruang peningkatan intelektualitas mahasiswa itu.

“Saya yakin, kepemimpinannya di Kwarcab Kabupaten Kuningan bisa memberikan yang lebih baik lagi untuk Kuningan Maju,” sebutnya. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

Bank Kuningan

Advertisement

You May Also Like

Business

CILIMUS (MASS) – Pada Jumat (6/5/2022) malam kemarin, Coffee and Resto Saung Tengah Sawah di Desa Linggaindah Kecamayan Cilimus, resmi di-launching secara resmi. Kedai...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Kecelakaan laka lantas di Jalan Baru Lingkar Timur yang melibatkan dua kendaraan, tidak memakan korban jiwa. Hal itu dipastikan Kapolres Kuningan...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA), menggelar halal bi halal dengan tema “Membangun Ukhuwah Makhluqiyah, Memperkuat Soliditas, Mengasah Solidaritas Alumni” pada...

Government

KUNINGAN (MASS) – Adanya uji coba one way system, sitem lalu lintas satu arah di Jalan Siliwangi mulai dari bunderan Cijoho sampai Pos Polisi...

Advertisement