Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Education

Di Pelantikan Pengurus Gerakan Pramuka, Rana Analogikan Patriotisme ke Konflik Rusia-Ukraina

KUNINGAN (MASS) – Ketua Kwartir Cabang Kuningan Rana Suparman menyebut gerakan Pramuka kedepan akan terus menanamkan patriotisma dan karakter bangsa pada para pelajar.

Hal itu, ditegaskan Rana sesaat setelah dilantik bersama pengurus Kwartir Cabang lainnya, bersamaan dengan dilantiknya Pengurus Majelis Pembimbing Cabang, serta Pengurus Lembaga Keuangan Pramuka tahun 2022-2027, Kamis (31/3/2022) kemarin di GOR Ewangga.

Pada pelantikan tersebut, hadir Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat Atalia Prataya Ridwan Kamil. Selain itu, terlihat hadir juga Bupati Kuningan H Acep Purnama (dilantik sebagai Mabicab), Wakil Bupati M Ridho Suganda, serta Sekda Kuningan Dian Rahmat Yanuar.

Rana Suparman, setelah dilantik secara resmi Ketua Kwarcab mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan audiensi Dinas Pendidikan agar eskul Pramuka bisa tumbuh serentak di tiap sekolah.

“Jauh-jauh hari, saya sudha bicara jiwa patriot dan karakter bangsa,” ujarnya saat diwawancarai.

Menumbuhkan rasa patriotisme dan karakter bangsa, lanjut Rana, itu sangat penting untuk kekuatan berbangsa dan bernegara. Rana bahkan menganalogikan konflik yang terjadi antara Rusia-Ukraina.

Rusia – Ukraina, jadi analogi yang tepat, bahwa nanti yang akan membuktikan siapa yang kuat, adalah dari rasa nasionalismenya di kedua pihak.

“Pramuka juga harus begitu (punya jiwa patriot, red). Pramuka harus heroik, menunjukan nasionalisme,” sebutnya.

Dalam wawancara, Rana sendiri banyak berharap pemerintah daerah bisa lebih perhatian lagi terhadap gerakan Pramuka.

Di kepengurusan Rana, terdapat nama yang familliar sebagai pengurus, H Ika Siti Rahmatika. Istri dari Acep itu, dalam kepengurusan menjabat sebagai wakil ketua bidang hubungan masyarakat.

“Beliau punya akses ke masyarakat untuk menyampaikan pesan-pedan kepramukaan. Kami yang minta (Ika menjadi pengurus),” ucap Rana.

Dalam pelantikan itu, selain dihadiri pejabat daerah, terlihat juga hadir para aktivis dan kolega Rana. Bahkan, terlihat juga kades-kades yang mengucapkan selamat pada Rana. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Education

KUNINGAN (MASS) – Gerakan Pramuka Gudep 08055-08056 Ambalan Kiansantang-Rarasantang Pangkalan SMAN 1 Garawangi (SMAGAR) berhasil memboyong piala bergilir Bupati Kuningan pada Gebyar Pramuka IX...

Education

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 280 siswa dari Gudep 03053-03054 pangkalan SMAN 1 Subang Kecamatan Subang, nampak mengikuti kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA). Kegiatan...

Education

KUNINGAN (MASS) – Ratusan santri Al-Mutawally mengikuti Kegiatan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PPTA) yang digelar Kepanduan Pramuka Al-Mutawally (KPMA). Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal...

Education

KUNINGAN (MASS) – Terbalut dengan aksesoris berwarna merah putih, anak-anak TK Al Ghifari tampak antusias memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Selain memeriahkan HUT Kemerdekaan...

Advertisement