Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Village

Di Geresik, Pakaian Adat Jadi “Seragam” HUT RI

KUNINGAN (MASS) – Menggunakan kebaya, pemuda-pemudi dan masyarakat Dusun Manis Desa Geresik Kecamatan Ciawgebang menggelar perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Kegiatan yang bertema “Deudeuh Ka Lembur Nyaah Ka Dulur” itu, menggunakan pakaian adat dan kebaya, sebagai dukungan pada gerakan Kebaya Goes To Unesco.

Kegiatan yang digelar sendiri, mulai dari upacara bendera, perlombaan, pawai kebudayaan dengan pakaian adat, serta tasyakuran dan doa bersama, mulai dari pukul 08.00 WIB pagi hingga malam, di halaman posyandu dusun.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Ketua pelaksana Aris Risdiansyah mengatakan, bahwa salah satu faktor budaya lokal dilupakan karena kurangnya generasi muda yang meneruskan, serta berminat untuk mempelajarinya.

“Karena itu, kegiatan in bertujuan untuk mengingatkan tentang upaya melestarikan budaya Indonesia di era globalisasi,” ujarnya, Rabu (17/8/2022).

Senada, ketua pemuda Ari Firmanda juga mengatakan, acara tersebut bukanlah kali pertama dilakukan. Meski di situasi covid, tahun lalu pun ada kemeriahan dengan menghias sepanjang jalan.

“Bisa dibilang, acara ini adalah kegiatan tahunan bagi kita semua. Namun yang menarik, tahun ini kita mengusung tema dan konsep yang berbeda dengan memperkenalkan kembali pakaian adat dan kebaya pada milenial, itu sangat bagus,” tuturnya. (eki)

Advertisement. Scroll to continue reading.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Sport

KUNINGAN (MASS) – Setelah sebelumnya jadi pertanyaan siapa yang akan melawan Cobra FC Kertayasa di babak final Tunas Harapan Cup Pangkalan Ciawigebang, akhirnya terjawab....

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada pertandingan sepakbola di turnamen Taruna Harapan Cup yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa Pangkalan Kecamatan Ciawigebang, diwarnai kericuhan, Kamis (22/9/2022)...

Anything

KUNINGAN (MASS) – Menyambut bulan kemerdekaan ini, berbagai cara dilakukan oleh seluruh elemen untuk merayakannya. Pun begitu dengan Karang Taruna Panca Jaya Manunggal Desa...

Religious

KUNINGAN (MASS) – Bulan Agustus belum usai. Kemeriahan demi kemeriahan di bulan kemerdekaan ini, dilakukan oleh berbagai kalangan warga. Pun begitu dengan santri dan...

Advertisement