Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Religious

Datang Ke Cirebon, Kyai Syaid Aqil Isi Seminar di Gebyar Maulid Nabi Se-Jawa Barat

KUNINGAN (MASS) – Dr KH Syaid Aqil Sirodj MA, mantan ketua Umum PBNU (Kini menjabat sebagai Dewan Mustasyar), nampak datang ke IAIN Syekh Nurjai (SNJ) Cirebon pada akhir bulan November 2022 ini.

Kedatangan Kyai Syaid Aqil ini, untuk mengisi seminar nasional dalam Gebyar Maulid Nabi se-Jawa Barat yang diselenggarakan UKM Forum Kajian Kitab Kuning (FK-3) IAIN SNJ Cirebon.

Bukan hanya Kyai Syaid Aqil, hadir pula sebagai narasumber, pengasuh Ponpes Assalafie Babakan Ciwaringin KH Arwani Syaerozi Lc MA.

Seminar sendiri, dimoderatori oleh Dewan Mustasyar UKM FK-3 dengan keynote speaker Rektor IAIN SNJ Cirebon Dr H Sumanta Hasyim M Ag.

Adapun, seminar nasional tersebut merupakan bagian pembukaan dari rangkaian acara yang berlangsung sejak tanggal 26 November dan akan berakhir pada 03 Desember 2022 mendatang.

Rangkaian acara itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor 3 Bidang Mahasiswa dan Kerjasama Dr H Ilman Nafi’a M Ag.

Ketua Pelaksana Ghiyast Munarful Adli, merincikan berbagai kegiatan yang akan digelar selama kurang lebih sepekan. Selain seminar nasional, acara juga dilanjutkan dengan 8 musabaqoh/perlombaan Islam se-Jawa Barat.

Selain perlombaan, digelar juga agenda Bahtsul Masail yang mengundang delegasi pondok se-Wilayah 3 Cirebon.

“Dan di tanggal 03 Desember 2022 nanti, kami melaksanakan agenda pembacaan maulid Nabi Muhammad SAW, milad UKM FK-3, dan closing ceremony dengan mengundang Habib Rufky Alaydrus bin Ali bin Thahir (Dewan Guru Majelis Rasulullah Jawa Barat) sebagai penceramah,” ujarnya sembari mengatakan akan dimeriahkan hadroh.

Sementara, Ketua Umum FK-3 Subhan Nur Hakim mengatakan, kegiatan ini digelar untuk menanamkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad, di era globalisasi ini terutaam kalangan zilenial.

Selain itu, lanjut Subhan, pihaknya ingin menciptakan generasi berkarakter dan berakhlak. Sekaligus mengembangkan potensi seni islam.

“Kami mengharapkan semua masyarakat kalangan umum bisa mempertahankan budaya memeriahkan kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW dan meningkatkan rasa patriotisme serta spiritualisme melalui acara GMN FK-3 2022 ini. Dan untuk UKM FK-3 sendiri semoga semakin berkembang baik dalam bidang pendidikan, kajian, budaya, bangsa dan agama juga bisa bermanfaat untuk lembaga dan masyarakat umum,” harapnya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Jelang peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU), akan digelar Halaqah Fiqh Peradaban yang digelar di 250 titik seluruh Indonesia. Kegiatan itu,...

Health

KUNINGAN (MASS) – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pusat dan Polisi Republik Indonesia (Polri) serta Kemenag RI, menggelar giat 1 (satu) juta vaksin booster...

Politics

KUNINGAN (MASS)- Sebanyak dua ribuan pengurus, kader dan juga simpatisan Gerindra hadir di Panggung Budaya Prima Resort Sangkanurip. Mereka hadir untuk menyaksikan pidato Ketua...

Advertisement