Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Dari Petisi, Penolak Aturan Jaminan Hari Tua Mencapai 379ribuan Orang

KUNINGAN (MASS) – Petisi penolakan terhadap permenaker no 2/2022 muncul di situs change.org, bahkan sampai berita ini ditulis pada Selasa (15/2/2022) sekitar pukul 08.00 WIB, petisi itu sudah ditandatangani 379.933 orang.

Petisi itu, muncul setelah Mentei Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menetapkan aturan pembayaran manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) yang hanya bisa dicairkan pada usia peserta BPJS mencapai 56 tahun.

Dalam petisi itu, dikatakan permen itu mencabut aturan sebelumnya Permen 19/2015 tentang tata cara dan persyaratan manfaat JHT.

Permen saat ini yang diundangkan pada 4 Februari 2022 itu, dalam pasal 3 menyebut manfaat JHT baru bisa diberikan saat peserta masuk masa pensiun, usia 56 tahun.

Dan pada pasal ke-4, aturan itu juga diberlakukan pada peserta yang berhenti bekerja sebelum usia pensiun. Dengan aturan itu, pekerja yang berhenti bekerja karena mengundurkan diri atau PHK, harus menunggu usia 56 tahun terlebih dahulu untuk pencairan.

“Jadi kalao buruh/pekerja di-PHK saat berumur 30 tahun, JHT nya baru bisa diambil di usia 56 tahun, atau 26 tahun setelah di PHK,” tertulis dalam petisi.

Petisi yang dibuat Suhari Ete itu, mempertanyakan peraturan JHT yang dikelola BPJS Tenaga Kerja. Padahal, disebutkan bahwa dana kelolaan BPJS Tenaga Kerja sudah lebih dari Rp 550 Triliyun.

Padahal, lanjutnya dalam narasi tersebut, sebagai pekerja yang di PHK, sangat membutuhkan modal usaha.

Di aturan sebeluknya, JHT bisa segera dicairkan 1 bulan setelah masa kontrak atau pengunduran diri secara resmi.

“Karenanya mari kita suarakan bersama-sama untuk tolak dan #BatalkanPermenakerNomor2/2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua,” ajaknya. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Anything

KUNINGAN (MASS) – Rasa kemanusiaan untuk korban gempa Cianjur, ditunjukkan oleh banyak pihak. Termasuk paguyuban travel asal Kuningan, Team Silung. Pada Minggu (27/11/2022) kemarin...

Business

KUNINGAN (MASS) – Pernahkah anda kesulitan saat membaca koran, melihat handphone, atau melihat tulisan dalam jarak dekat? Bisa jadi anda mengalami Presbiopia. Presbiopi adalah...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Bulan November kita kenal sebagai bulan Pahlawan atau Kepahlawanan. Karena, ada yang tidak boleh hilang dari memori kolektif bangsa ini, sebuah...

Government

KUNINGAN (MASS) – Dibukanya 1.041 formasi P3K (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja) Kabupaten Kuningan, ternyata masih dikeluhkan honorer. Pasalnya, beberapa formasi yang dibuka ternyata...

Advertisement