Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Headline

Dari Moncongos Jadi Sukaimut, Asal Usul Nama Desa

KUNINGAN (MASS) – Mungkin kalian pernah dengar nama desa yang satu ini. Salah satu desa yang secara lokasi berada di Kecamatan Garawangi, namanya Desa Sukaimut.

Desa yang satu ini, memang memiliki nama yang unik dan sangat membekas saat didengar, suka dan imut. Tapi ternyata, awalnya desa ini memiliki nama lain.

Hal itu diutarakan pemerintah desa yang kini dipimpin Kades Uka S PdI. Melalui kadusnya Deni Mulyana, pada kuninganmass.com Kamis (18/3/2021) siang menerangkan bahwa dulu namanya adalah Moncongos.

“Dulu, desa ini merupakan pecahan dari Desa Tambakbaya yang dulunya Dukuh. Jadi dipecah tiga, Tambakbaya, Cikananga, dan Sukaimut. Tapi Sukaimut dulu namanya Moncongos,” jelasnya.

Perubahan nama jadi Sukaimut ini, diterangkan Deni, karena kunjungan gubernur di tahun 1961 lalu.

Kunjungan gubernur ke Kecamatan Garawangi itulah, yang disebutnya jadi adanya perubahan nama.

“Ini mah cerita orang dulu, katanya begitu. Pas Gubernur kunjungan ke Kecamatan Garawangi, liat ada nama Desa Moncongos, manggil kuwu dan suruh ganti nama. Jadi Sukamut sampe sekarang,” sebutnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Perubahan ini, katanya, untuk merubah citra desa dari kesan nama brengas-brengos. Karena itulah, nama Sukaimut itu dipilih hingga sekarang.

Meski begitu, nama Moncongos sendiri masih cukup populer dan diingat di Sukaimut.

Setidaknya, dua nama wisata yang diambil sekarang misalnya, wisata air dan bukit keduanya menggunakan nama Wisata Air Moncongos dan Bukit Moncongos. (Eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS)- Kasus penganiayaan istri siri oleh PNS berinisial D yang bekerja di lingkup Pemkab Kuningan, seolah membuka tabir kalau selama ini para ASN...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Sesuai janji pihak Satreskrim Polres Kuningan akhirnya memberikan keterangan kepada wartawan terkait kasus penganiayaan PNS kepada istri sirinya. Dari keterangan Kasat Reskrim...

Education

KUNINGAN (MASS) – Dharma Wanita Persatuan SMA, SMK, SLB Kabupaten Kuningan, Jumat (23/4/2021) memberikan bansos kepada pasukan kuning yang berada di bawah naungan Dinas...

Religious

KUNINGAN (MASS) – BismillahirrohmanirrohimDoa Hari ke-11 Puasa Ramadhan اَللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيَّ فِيْهِ الْإِحْسَانَ وَ كَرِّهْ إِلَيَّ فِيْهِ الْفُسُوْقَ وَ الْعِصْيَانَ وَ حَرِّمْ عَلَيَّ فِيْهِ...

Advertisement