Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Netizen Mass

Dampak Komunikasi Bisnis Dalam Organisasi

KUNINGAN (MASS) – Komunikasi dalam suatu organisasi adalah sama pentingnya dengan darah kehidupan. Dengan adanya komunikasi segala sesuatunya pasti akan berjalan dengan baik. Komunikasi Bisnis adalah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan menguntungkan perusahaan.

Pesan yang disampaikan oleh pengirim (source) untuk menyampaikan informasi yang tertulis maupun tidak tertulis, dalam penyelenggaraan kegiatan bisnis yang diterima oleh orang ataupun organisasi (receiver).

Menurut Rosenbalt (1982:7) Komunikasi Bisnis adalah pertukaran ide-ide opini, informasi, instruksi dan sejenisnya, yang dikemukakan baik secara personal ataupun nonpersonal melalui simbol atau tanda, untuk mencapai tujuan- tujuan perusahaan.

Komunikasi Bisnis bersifat persuasif karena untuk memberikan keyakinan kepada konsumen mengenai produk atau jasa yang akan ditawarkan. komunikasi bisnis memilikii manfaat untuk perusahaan agar terjalin hubungan yang baik terhadap perusahaan lain atau konsumen. Komunikasi Bisnis yang jelas dan efektif sangat penting bagi karyawan, manajer maupun pimpinan bisnis untuk melakukan pekerjaan dan memenuhi tanggung jawab.

Menurut William C. Himstreet Dan Wyne Murlin Baty Komunikasi Bisnis yakni salah satu pertukaran informasi antar individu melalui sistem yang lazim baik itu dengan simbol, sinyal atau perilaku dan tindakan.

Media komunikasi dalam bisnis, manajer harus membaca, berbicara, menulis, mendengarkan, mengamati dan mengawasi. Hal ini, agar apa yang telah direncanakan berjalan dengan lancar.

Berikut beberapa dampak kesalahan berkomunikasi dalam bisnis:

1. Kurangnya Pemahaman

Kesalahpahaman yang terjadi akan berdampak negatif yang timbul akibat kurangnya pemahaman dalam suatu kinerja perusahaan. Sebagai pelaku bisnis memastikan informasi tersampaikan dengan jelas dan tepat.

2. Kinerja Kurang Maksimal

Kinerja ini saling berkaitan dengan pemahaman. Jika terjadi kesalahpahaman maka kinerja kurang maksimal dengan kurangnya pemahaman maka bisa jadi mengerjakan yang salah tentang informasi yang diterima.

3. Pelaksanaan Bisnis Berantakan

Dengan melakukan  kesalahan dalam berkomunikasi maka akan berjalan dengan buruk, bisnis yang dijalankan kurang berkembang dengan baik. Dengan adanya komunikasi maka masalah, rencana-rencana, untuk kedepannya bisa dibahas bersama.

4. Pelayanan dan Pemasaran Menurun

Berkomunikasi dalam bisnis tidak hanya berkaitan dengan rekan kerja tetapi juga dengan konsumen. Dengan begitu diharapkan kegiatan pemasaran dan pelayanan ini dapat mampu dijalankan dengan maksimal supaya meningkatkan angka penjualan dan membuat konsumen lebih tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.

5. Hilangnya Kepercayaan

Dampak kesalahan berkomunikasi yang satu ini dapat dikatakan sangat fatal. Padahal seperti yang kita ketahui dalam menjalankan bisnis perlu adanya sebuah tim untuk melakukan kerjasama. Dengan kondisi seperti itu, maka kesalahan yang berhubungan dengan komunikasi harus dihindari demi kelangsungan bisnis dalam meraih kesuksesan.

Penulis: Ani Nuraeni

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Business

KUNINGAN (MASS) – Para pelanggan Cahaya Indo Steel (toko baja dan besi), pada hari ini, Jumat (6/1/2023) nampak lebih sumringah dari biasanya. Pasalnya, tidak...

Anything

KUNINGAN (MASS) –  Perubahan besar terjadi di tubuh PC IMM Kabupaten Kuningan. Setelah ketua sebelumnya, Younggy Septhandika mundur di tengah masa jabatan, beberapa pengurus...

Inspiration

KUNINGAN (MASS) – Hanya dari jualan daster, omzet yang didapat Nia Ambar Sari dalam satu bulan bisa mancapai 6 Milyar rupiah lebih. Memang mengejutkan,...

Health

KUNINGAN (MASS) – Setelah digelar Musda di awal Juni kemarin, DPD PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kabupetan Kuningan segera membentuk dan meresmikan kepengurusan. Kepengurusan...

Advertisement