Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Cawabup, Bupati Resmi Usulkan 2 Nama ke DPRD

KUNINGAN (Mass) – Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH resmi menyerahkan dua usulan nama bakal calon wakil bupati (Cawabup) kepada pimpinan DPRD Kuningan, Senin (31/10). Kedua nama itu adalah Dede Sembada dan Iwan Herlambang, yang sebelumnya telah mendapat rekomendasi parpol pengusung.

“Iya alhamdulillah sudah ada surat usulan dari partai pengusung, kemarin. Surat itu juga sudah ditindaklanjuti dengan surat bupati ke ketua DPRD,” ucap Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH saat dimintai keterangan pers usai mengikuti sidang paripurna di Gedung DPRD Kuningan.

Nantinya lanjut Bupati Acep, surat usulan dua nama balon wakil bupati yang diserahkan kepada DPRD agar selanjutnya diproses, sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Mekanisme itu antara lain apakah memungkinkan kedua nama usulan itu mendaftar ke pimpinan DPRD Kuningan.

“Surat dari saya sebagai Bupati diserahkan ke Ketua Dewan (Rana Suparman, red) untuk selanjutnya diproses sesuai mekanisme yang harus dilalui. Kedua nama itu mendaftar ke pimpinan, lalu pimpinan menugaskan untuk dibentuk panitia pemilihan (Panlih), sudah selanjutnya dilangsungkan proses pemilihan,” ungkapnya.

Terkait usulan dua nama yang direkomendasi parpol pengusung kepada dirinya, Acep menyebut hal itu tidak serta merta bisa ditolaknya. Sebab, ia mengaku tidak ada hak untuk menolak rekomendasi itu.

“Enggak lah. Ya kalau saya mah apa yang diusulkan oleh partai pasti saya setuju,” tukasnya.

Dirinya berharap, pemilihan wakil bupati ini segera mungkin bisa diproses untuk dilaksanakan.

“Segera proses lah, biar cepet ada penetapan. Siapa diantara dua nama itu yang akan ditetapkan paripurna istimewa. Lalu kita usulkan untuk mendapatkan SK pengesahan dari kementerian,” katanya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Sebab menurutnya, setelah wakil bupati itu dipilih tinggal menunggu proses pelantikan. Adanya wabup definitive maka bisa segera melaksanakan tugas-tugasnya, sebab kebutuhan terhadap wakil bupati dinilai mendesak.

“Kalau mendesak, iya. Pokoknya, kalau sudah ada wabup jelas lebih baik,” tandasnya.

Terlebih, Bupati Acep berkeyakinan ketika Kuningan memiliki seorang wabup, maka roda penyelenggaraan pemerintahan bakal berjalan lebih baik. (andri)

Advertisement

PD

PKB

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Advertisement