Peduli Alat Pelindung Diri Petugas Medis, Azzura Galang Dana

KUNINGAN (MASS) – Salah satu komunitas model hijab di Kuningan, Azzura Model Kuningan menunjukan kepeduliannya terhadap penyebaran covid-19. Hal itu diperlihatkannya dengan penggalangan dana untuk membelikan Alat Perlindungan Diri (APD) bagi tenaga medis di Kabupaten Kuningan.

Koordinator Azzura Indah Dwi Nurmala Sari menyebut penggalangan tersebut merupakan bentuk keprihatinan mereka terhadap langkanya APD pada masa-masa penyebaran covid-19 ini. Pihaknya menilai, sangat berbahaya terutama bagi tenaga kesehatan untuk bekerja tanpa APD yang lengkap.

“Kami prihatin, tenaga kesehatan menggunakan jas hujan yang sangat mudah sobek, harusnya kan menggunakan APD standar,” ujarnya pada kuninganmass.com saat dikonfirmasi kembali pada Rabu (1/4/2020).

Dari penjelasannya, APD sendiri sekarang sangat langka, bukan hanya untuk petugas, untuk masyarakat awam pun sama saja. Dirinya menyebut, sekalinya ada ADP yang dijual melalui online, harganya sangat tinggi, untuk satu set bisa mencapai Rp500 hingga Rp700 ribuan.

“Padahal petugas medis satu rumah sakit aja puluhan orang. Belum yang ada di puskes atau klinik, mereka kan setiap hari ketemu pasien. Makanya, galang dana kali ini, kita mau donasikan untuk petugas kesehatan di rumah sakit kuningan,” imbuhnya.

Menurut Indah, dirinya mengutamakan donasi yang akan dikumpulkan untuk tenaga medis, mengingat saat ini yang paling berpotensi berinteraksi langsung dengan orang yang terkena covid-19 sangat tinggi. Sedangkan, jika tenaga medis malah menjadi orang yang terpapar virus, maka akan terjadi kekurangan tenaga untuk merawat pasien.

“Karena kita memang prihatin, nantinya jika uang terkumpul kita akan belanjakan untuk APD standard an disalurkan ke rumah sakit yang ada di Kuningan, seperti RSUD Linggarjati, RS Juanda, Wijaya Kusuma, KMC Kuningan dan Luragung,” tambahnya.

Dirinya menyebut, ADP sendiri selain tidak mudah didapat, juga tidak bisa dipakai terus menerus. Karenanya, kebutuhannya terus meningkat dan membutuhkan biaya yang banyak. “Kita akan salurkan minggu depan, kemunginan kita akan pilih rumah sakit mana yang paling banyak membutuhkan dan akan menerima lebih banyak bantuan,” terangnya.

Pihak Azzura sendiri membuka open donasi melalui bank BNI di norek 0407348468 atas nama Indah Dwi Nurmala Sari. Untuk konfirmasi dan info yang lebih lanjut, bisa menghubungi kontak 0881023392910 melalui Whatsapp. (eki)