Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Business

Bupati Dukung Dukuhrudin Jadi Kampung Gurame

KUNINGAN (MASS)-  Untuk mengembangkan budidaya ikan gurame di Desa/Kecamatan Lebakwangi, Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH meninjau lokasi budidaya ikan gurame.

Lokasi budidaya terletak di dusun Wage kampung Dukuhrudin, Desa Lebakwangi, Senin (22/3/2021).

Budidaya ikan gurame memiliki potensi pasar yang luas khususnya dikonsumsi oleh masyarakat. Melalui benih, induk dan pakan, budidaya ikan gurame harus memiliki siklus yang bergulir sehingga dapat terus berkembang biak. 

Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Desa Lebakwangi, T Asirin  terdapat sebanyak 200 kolam yang telah produktif memelihara ikan gurame, dan sebanyak 35 kolam yang belum digunakan.

“Jika Dukuhrudin dijadikan kampung gurame, kami siap. Tetapi kami mohon bantuan berupa bibit dan pakan agar dapat berkembang biak” ucap Kepala Desa.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Ir Bunbun Budhiyasa berkaitan dengan permohonan bantuan, bupati telah mengizinkan dinas untuk memberikan bantuan induk.

Bantuan ini semata-mata untuk meningkatkan semangat warga dalam memproduksi benih gurame dalam berbagai ukuran yang sesuai permintaan pasar.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Dari bidang perikanan telah merencanakan untuk menambah dan mengganti induk gurame di sini. Meski saat ini sebagian pembiayaan masih dialokasikan untuk penanggulangan covid-19, mudah-mudahan dapat direalisasikan,”  ujarnya

Ia juga berharap pembudidaya dapat memelihara ikan dengan tertib dan bersih sehingga terhindar dari virus yang dapat menyerang ikan.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini Bupati Kuningan mengapresiasi keinginan warga untuk menjadi kampung gurame.

Menurutnya, penggunaan kolam yang ada dapat dikhususkan untuk memelihara satu jenis ikan saja agar memiliki ikon kampung gurame.

“Saya lihat di Dukuhrudin ada potensi sumber daya manusia yang berkualitas. Selain budidaya, produk gurame ini bisa dikembangkan oleh ibu-ibu KWT (kelompok wanita tani) untuk diolah menjadi produk olahan gurame seperti contohnya gurame acar,” ujar Acep .

Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Drs Agus Sadeli, Camat Lebakwangi H Sunardi, dan Unsur Muspika beserta jajaran Pemerintah Desa.(agus)

Advertisement. Scroll to continue reading.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Bank Kuningan

You May Also Like

Government

KUNINGAN (MASS) – Untuk update  data covid-19, Crisis Center kembali merilis data baru yakni untuk update Minggu (10/4/2021).   Dari data tersebut  kasus positif...

Government

KUNINGAN (MASS)- Bagian  dari pemeliharaan jalur pendakian dan pemulihan ekosistem secara alami, pihak Balai Taman Nasional Gunung Ciremai akan melakukan penutupan jalur pendakian. “...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Kurang dari sepekan serangan kera meresahkan warga, bukan hanya memangsa hewan ternak warga, tapi juga menyerang. Bukti ada serangan kepada dua warga...

Headline

KUNINGAN (MASS)- Bukan hanya pohon tumbang, tapi akibat hujan deras pun terjadi serangan puting beliung di wilayah Desa Rajawetan dan Desa Tajurbuntu Kecamatan Pancalang....

Advertisement