Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

Bupati Acep Ijinkan Pesantren Aa Gym Dibangun Awal Tahun 2021

KUNINGAN (MASS) – Bupati Kuningan H Acep Purnama memberikan ijin pembangunan Pesantren Eco 3 Darut Tauhid Kuningan.

Hal itu bupati sampaikan dihadapan Aa Gym yang hadir di Pendopo pada acara Silaturahmi Akbar dengan warga Kuningan, Jumat malam.

“Saya pastikan awal tahun 2021 bisa dimulai. Saya mendukung sekali,” ujar bupati.

Aa Gym sendiri tampak girang dengan adanya penyaataan orang nomor satu Kuningan, termasuk Ketua Pelaksaana Pembangunan Pesantren Eco 3 dr H Asep Hermana.

Seperti diketahui pesantren yang akan dibangunnya berada di Desa Cisantana Kecamatan Cigugur.

Pesantren Eco 3, merupakan  pembangunan pesantren bernuansa alam.

Ketua Pelaksaana Pembangunan Pesantren Eco 3 dr H Asep Hermana menerangkan, peluasan lahan tahap satu dari 5 hektar menjad 5 Ha.

Kemudian peluasan lahan tahap kedua dan pembuatan akses jalan. Selanjutnya peluasan lahan tahap ketiga sampai 30 hektar.

Rencana Pembangunan Pesantren Eco 3 ini, tak berbeda dengan konsep pensantren yang mendahuluinya, yakni Eco 1 dan Eco 2.

Rencananya, pesantren dengan konsep wawasan lingkungan ini, akan menjadi kawasan wakaf terpadu dengan berbagai fasilitas pendidikan dari mulai SMP hingga perguruan tinggi.

“Nanti akan ada 5 komponen di sana. Ada masjid, pendidikan formal non formal, ada kegiatan ekonomi, dan ada konsentrasi terhadap linkungan,” sebutnya.

Sambil menunggu proses pembebasan lahan, lahan yang tersedia akan dimanfaatkan dengan pertanian terpadu, bekerja sama dengan program Desa Tangguh DT Peduli.

Pesantren Eco 3 sendiri akan dibangun bertaraf Internasional. Meski begitu, Asep meyakinkan, bukan bangunan serba mewah yang akan diusung. Pesantren, akan dibangun dengan mengakomodir kebudayaan lokal.

“Nanti bangunannya mungkin terbuat dari bambu, lebih dekat dengan alam, karena kita konsepnya itu adalah belajar di dalam hutan,” jelasnya.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Di akhir, Asep juga mengatakan meski berbasis pesantren Internasional, namun tetap bisa berbiaya murah dan akan terjangkau. (agus)

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pernyataan Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy SE terkait wabah Covid yang tengah melanda Ponpes Husnul Khotimah membuat kesal banyak orang. Salah...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pernyataan Ketua DPRD Kuningan Nuzul Rachdy SE terkait wabah Covid yang tengah melanda Ponpes Husnul Khotimah membuat kesal banyak orang. Salah...

Advertisement