Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass
Dadang Abdullah

Headline

Bukti Dugaan Pemalsuan Dokumen Pengadaan Lampu PJU Dikeluarkan

KUNINGAN (MASS) – Diancam hendak dilaporkan ke polisi oleh bupati, Ketua Korakap, Dadang Abdullah tetap santai dan siap menghadapi. Justru dirinya malah membuka bukti dugaan pemalsuan dokumen penjualan lampu PJU.

“Perusahaan lampu PJU pemenang Kuningan Caang diduga bermasalah menjual barang impor,” ungkap Dadang kepada kuninganmass.com, Rabu (7/6/2023).

Lampu impor tersebut dinilai tidak sesuai dengan instruksi presiden yang mengharuskan penggunaan produk dalam negeri untuk kebutuhan konsumsi dan konstruksi di Indonesia.

Ia mengatakan, Kabupaten Kuningan yang mendapatkan Bantuan Keuangan dari Provinsi untuk program PJU tahun anggaran 2023 sebesar 117 M sudah melaksanakan tahapan-tahapan sesuai rencana. Bahkan SPK sudah terbit tertanggal 9 April 2023.

“Dengan keterangan dan pemaparan saya di komisi 3 DPRD Kuningan bersama pihak eksekutif dan DPRD, Barjas melalui kabagnya menyebutkan pekerjaan dilaksanakan oleh 2 Cv, tapi kenyataannya pemenang pekerjaan itu dilaksanakan oleh PT. Dari penyampaian itu saja, saya menyimpulkan ada benih-benih kebohongan dan tidak keterbukaan informasi,” ucapnya.

Perihal pemeriksaan dokumen perusahaan yang diverifikasi juga, ia menduga ada tidak kesesuaian dalam proses klik e-catalog oleh pihak PPK dan Barjas yang menunjuk perusahan tersebut.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Dalam surat dokumen yang dikeluarkan oleh Kementrian Perindustrian Republik indonesia tentang tanda sah capaian tingkat komponen dalam negeri (TKDN) bahwa perusahaan pemenang lelang tercatat tipe SH3101 dengan spesifkasi 30-80 watt merk SHINE nilai TKDNnya hanya 42,94 %.

Berbeda dengan apa yang perusahaan tampilkan didalam kolom Klik produk jual e-catalog yang mencantumkan nilai produk TKDNnya 61,08 % (TKDN+BMP) 73,08%.

Ini tentu menjadi acuan bahwa indikasi dugaan pengkondisian dengan melakukan negosiasi bawah meja bisa saja dilakukan oleh pihak-pihak yang berkepentingan.

“Saya sudah ada komunikasi dengan LKPP di Jakarta agar laporan ini bisa diteruskan dan ditindaklanjuti secepatnya langsung agar dibekukan dan melaksanakan lelang ulang/turun lelang,” kata Dadang.

Karena ini tengah menjadi sorotan luas masyarakat, maka ia meminta kepada Kapolres Kuningan untuk segera melakukan penyelidikan, pemanggilan dan pemeriksaan kepada PPK dan Pokja PBJ yang menangani pengadaan Lampu PJU Gate Rp 117 miliar.

“Karena indikasi tindakan atau perbuatan pidana pemalsuan dokumennya sudah terjadi. Dan produk tersebut dibekukan atau menjadi turun tayang oleh LKPP RI dari link E-Katalog Lampu,” pungkasnya. (deden)

Advertisement. Scroll to continue reading.
1 Comment

1 Comment

  1. Mang Bohay

    8 Juni 2023 at 10:14

    maju terus kang Dadang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Munculnya pendapat hukum kaitan dengan artikel opini yang ditulis Dadang Abdullah, membuat seorang pengacara senior, Hamid SH MH angkat bicara. “Maaf...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Ir Sugiono Adi MM IPU, dari perusahaan Bandell Sidoarjo, menyampaikan klarifikasinya atas artikel opini yang dibuat Ketua Korakap, Dadang Abdullah beberapa...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pentolan LSM Gerakan Rakyat Marjinal (Geram) Rudi Idham Malik, angkat bicara soal polemik pengadaan lampu PJU yang belakang santer dibicarakan di...

Government

KUNINGAN (MASS) – Gibas (Gabungan Inisiatif Barisa Anak Siliwangi) Resort Kabupaten Kuningan, merespon tudingan Dadang Abdullah terhadap Bupati soal PJU, harus ditindaklanjuti Polres Kuningan....

Government

KUNINGAN (MASS) – Kabag Pengadaan Barang/Jasa (Barjas) Setda Kabupaten Kuningan, Tito Palawa Nusanto didampingi PPK 2 (Pejabat Pembuat Komitment wil 3-4) Susan Lestiawati  serta...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Dugaan keterlibatan pengondisian proyek pengadaan penerangan jalan umum (PJU) senilai Rp117 M dibantah langsung oleh Bupati H Acep Purnama. Ia menegaskan...

Netizen Mass

KUNINGAN (MASS) – Foto itu salah satu bukti kuat dugaan adanya hubungan transaksional, persekongkolan dan pemufakatan jahat yang dilakukan langsung oleh Bupati Kuningan Acep...

Government

KUNINGAN (MASS)-  Meski belum menyeluruh disetiap titik, namun setidaknya Pemkab Kuningan melalui Dishub Kuningan sudah memperbaiki lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang mati. Hal...

Advertisement