Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Business

Buka Puasa dan Sahur, Lebih Nikmat Dengan Sambel Puruluk Mak Ijem

KUNINGAN (MASS) – Di Indonesia, untuk menemani makan, entah itu berbuka puasa dan sahur karena saat ini bulan Ramadhan, sambel masih jadi pilihan tambahan lauk yang banyak digemari. Jenis sambel dari berbagai daerah, merepresentasikan kekhasannya masing-masing. Begitu juga di Kuningan.

Tapi nampaknya, sambal yang satu ini agak berbeda. Namanya Sambel Puruluk Mak Ijem, sebuah sambal tabur instan yang diproduksi dari Desa/Kecamatan Nusaheran.

Sambal yang diolah dari bahan baku cabai ini, punya 7 varian rasa, mulai dari original, varian oncang, jengkol, cumi, teri, terasi sampai varian daun jeruk.

Sambal puruluk ini, merupakan usaha yang dikembangkan Vera Meilawati Putri (23) sejak 2017 dari kediamannya di Dusun Wage Rt 02/02 Desa/Kecamatan Nusaherang.

“Awal mula saya membuat produk ini karna pada saat itu harga cabai sangat-sangat turun drastis, jadi saya berpikir bagaimana cabai ini tetap memiliki nilai jual yang tinggi dengan masa simpan yang panjang,” ujarnya, Minggu (10/4/2022).

Karena hal itulah, akhirnya munculah ide untuk membuat sambel kering dan mencoba dipasarkan dengan brand Sambel Puruluk Mak Ijem.

Nama Mak Ijem, diambilnya dari panggilannya sewaktu sekolah tingkat SLTP. Vera yang aktif, oces, sering dipanggil Mak Ijem karena dianggap terlal aktif.

Nama itu, kemudian Vera ambil sebagai brand sambelnya, selain karena nempel dan mudah diingat, juga jadi penanda, bahwa hal sangat aktif itu tidak buruk.

“Alhamdulillah (sambelnya) diterima oleh masyarakat. Mudah-mudahan kedepannya semoga bisa membangun lapangan pekerjaan untuk warga sekitar,” ujarnya berharap.

Meski usahanya berasal dari lokal daerah, Vera mengaku selalu menjaga bahan baku agar sambelnya berkualitas. Apalagi, punya banyak varian rasa, dan sangat simpel, mudah, praktis dibawa kemana-mana.

“Kita udah berajalan 3 tahun alhamdulillah reseller kami udah ada di beberapa kota. Alhamdulillah juga sambel ini udah sampai Malaysia, Jepang dan Turki, karena banyak yg kuliah/temen kerja yang disana jadi mereka udah order beberapa kali,” tuturnya.

Sambel Puruluk Mak Ijem sendiri, sangat cocok dinikmati dengan lauk apapun, dengan nasi hangat, mie instant dan lain sebagainya. Apalagi kata Vera, itu sesuai moto yang diangkatnya, apapun makanan nya sambel nya tetep sambel puruluk mak ijem.

Pemesanan sendiri, bisa dilakukan langsung melalui instagram @sambelpurulukmakijem, tersedia juga di marketplace dan aplikasi ojek online dengan nama Sambel Puruluk Mak Ijem. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Economics

KUNINGAN (MASS) – Harga telur ayam di pasaran yang tinggi belakangan ini, ternyata tidak menurun. Bahkan, hari ini Kamis (24/11/2022), harganya merangsak ke angka...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Per hari ini, Kamis (17/11/2022) pagi, harga beberapa jenis pangan terpantau naik bahkan ada yang melonjak tajam. Seperti yang terjadi pada...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Pada hari ini, Senin (14/11/2022), harga beberapa jenis bahan pangan di pasaran, mengalami penurunan terutama cabai dan sayur. Tiga jenis cabai,...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Pada Kamis (10/11/2022) kemarin, harga kebutuhan pokok di pasaran terpantau mengalami kenaikan untuk beberapa komoditas. Seperti yang terjadi pada harag telur...

Advertisement