Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Government

BPSK Kuningan Dapatkan Anugrah BPKN Award

JAKARTA (MASS) – Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Kuningan, menjadi salah satu yang menerima penganugerahan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Award Raksa Nugraha Tahun 2022.

Penganugerahan yang mengusung tema “Bersama Mewujudkan Konsumen Indonesia Berdaya” itu, diberikan langsung oleh Ketua BPKN Rizal Edy Halim di Hotel Luminor Jakarta, Senin (14/11/22) kemarin.

“Konsumen merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Bahkan di masa lalu, negara diselamatkan oleh konsumen, dan menjelma jadi bantalan perekonomian,” kata Rizal yang memberikan penghargaan.

Adapun, total ada 20 lembaga yang bergerak dalam perlindungan konsumen, menerima pengharagaan dari BPKN. Ke-20 lembaga itu, terpilih dari total 53 peserta yang mendaftar tahun 2022 ini.

Adapun, lembaga peraih penghargaan BPKN Award Raksa Nugraha ke 4 Tahun 2022 ini, dibagi dalam beberapa kategori, untuk Pemerintah, Pelaku Usaha, dan BPSK/LPKSM.

Wakil Ketua Komisi 2 Bidang Komunikasi dan Edukasi BPKN RI Dr Firman Turmantara Endipradja SH S Sos M Hum

Terpisah, Wakil Ketua Komisi 2 Bidang Komunikasi dan Edukasi BPKN RI Dr Firman Turmantara Endipradja SH S Sos M Hum mengatakan bahwa ada 5 tingkatan untuk penerima penghargaan.

“Ada 5 tingkat, yakni Platinum, Diamond, Gold, Silver dan Bronze,” ujarnya menerangkan.

BPSK Kuningan sendiri, terpilih sebagai penerima penghargaan tingkat Silver. Ternyata, capaian itu yang terbaik diantara seluruh BPSK yang mendaftar. Bahkan, dua BPSK lainnya, lanjut Firman, juga mendapat penghargaan namun berada pada tingkat yang berbeda, Bronze.

Ketua asosiasi BPSK se-Jawa Barat itu juga memastikan, bahwa Kuningan memang layak mendapatkan award tersebut. Dirinya mengaku, tahu persis apa yang dikerjakan BPSK Kuningan. Terutama soal kinerja dan hubungan baik dengan pemerintah daerah-nya.

“Padahal, sejak 2017 tugasnya (penyelenggaraan konsumen) sudah diserahkan ke Provinsi, tapi Bupati masih perhatian. Ini kredit poin yang baik, nilai plusnya disitu,” sebut Firman.

Diterangkannya, BPSK di Jawa Barat sendiri, termasuk yang paling banyak se-Indonesia. Namun, pada penghargaan ini, ada 5 BPSK yang mendaftar, dengan 2 diantaranya tidak masuk kriteria.

Berikut daftar nominator penerima penghargaan BPKN Award Raksa Nugaraha :

Kategori Pemerintah

  1. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat
  2. Pusat Laboratorium Badan Narkotika Nasional (Puslab BNN)

Kategori Pelaku Usaha

  1. PT Kreasi Prima Nusantara
  2. PT Industri Jamu dan Farmasi
  3. PT Kereta Api Indonesia (KAI)
  4. PT Petrokimia Gresik
  5. PT GOTO Gojek Tokopedia
  6. PT Panen Lestari Indonesia
  7. Perumda Air Minum Tirta Raharja
  8. PT Dirgantara Indonesia
  9. PT Mandiri Tunas Finance
  10. PT Pertamina Patra Niaga
  11. PT Pelindo Husada Citra
  12. PT Biro Klasifikasi Indonesia
  13. Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kab. Kebumen

Kategori BPSK/LPKSM

  1. BPSK Kuningan
  2. BPSK Bogor
  3. BPSK Indramayu
  4. LPKSMAlperklinas (Aliansi Lembaga Perlindungan Listrik Nasional)
  5. LPKSM KKI (Komunitas Konsumen Indonesia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

You May Also Like

Religious

KUNINGAN (MASS) – Pesantren Binaul Ummah (BU) Kuningan berhasil menyabet juara OPOP Jawa Barat setelah setelah melalui proses panjang yakni seleksi administrasi. Proses yang...

Economics

KUNINGAN (MASS) – Pada hari ini, Senin (14/11/2022), harga beberapa jenis bahan pangan di pasaran, mengalami penurunan terutama cabai dan sayur. Tiga jenis cabai,...

Government

KUNINGAN (MASS)- Setelah melaksanakan kegiatan bersama Dinas Kopdagperin, BPSK dan LPKSM, komisioner BPKN Lasminingsih mengunjungi Bupati Kuningan H Acep Purnama di ruang kerjanya, Kamis...

Government

KUNINGAN – Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH berkunjungan ke kantor BPSK Kuningan di Jalan Aruji atau tepatnya di sampingeks Kantor Dinas Koperasi...

Advertisement