Connect with us

Hi, what are you looking for?

Kuningan Mass

Incident

Bikin Khawatir Pengguna Jalan, Lahan Sudah Terbakar 7 Kali Dalam Setahun

KUNINGAN (MASS) – Sebuah insiden kebakaran terjadi pada Minggu (18/9/2022) sekitar pukul 18.00 WIB pada lahan yang terletak sekitar Jalan Siliwangi RT 9 Blok Puhun Desa Kasturi Kecamatan Kuningan.

Lahan tersebut, merupakan milik owner Toko Mega Baja Cirenda Deni Indraslamet. Kebakaran itu, pertama kali diketahui oleh Ikbal yang hendak pergi ke salah satu rumah di sekitar lokasi kebakaran.

Ikbal, saat itu langsung melapor ke UPT Damkar Satpol PP Kuningan. Menerima pengaduan itu, Damkar segera menurunkan timnya dan melakukan pemadaman dengan dibantu polisi, ojeg dan warga setempat, serta perangkat desa.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Luas lahan keseluruhan sekitar -+ 200 M² dan yang terbakar +_ 50 M². Penyebab kebakaran, diduga ada orang yang sengaja membakar ilalang yang ada di kebun tersebut dan meninggalkannya,” ujar Kepala UPT Damkar M Khadafi M Si, dalam laporannya.

Di lokasi kejadian, Khadafi mengingatkan bahwa menyebabkan kebakaran merupakan tindakan melawan hukum dengan ancaman penjara dan denda. Hal itu, sesuai dengan KUHP dan Perda.

“Perlu kami sampaikan bahwa di lokasi yang dimaksud, sudah sering terjadi pembakaran lahan. Pada tahun 2021 sudah 7 kali kebakaran di lokasi yang sama,” terang Khadafi.

Kerugian dari pembakaran lahan secara sembarangan, lanjut M Khadafi, bisa mengakubatkan asap yang ditimbulkan berbahaya bagi kesehatan  manusia /warga sekitar.

Asap pekat, juga dapat membahayakan pengguna jalan, baik roda 2 /Roda 4 dapat menyebabkan kecelakaan karena jarak pandang terhalang.

Advertisement. Scroll to continue reading.

“Berpotensi menyebabkan kebakaran besar. Karena lokasi kebakaran berdekatan dengan bangunan warga, kantor pemerintahan, POM bensi dan bangunan lain,” ucap Khadafi. (eki)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement
Advertisement

You May Also Like

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada Minggu (25/9/2022) kemarin, kawasan Gunung Ciremai khususnya Blok Cileutik dan sekitarnya (Kecamatan Pasawahan) mengalami kebakaran. Di hari itu, wilayah yang...

Incident

KUNINGAN (MASS) – Sebanyak 300 ayam kampung ludes terbakar api di Dusun Sukemanak Desa Simpaijaya Kecamatan Karangkencana, Senin (26/9/2022) pagi tadi. Selain kandang ayam...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Pada Minggu (25/9/2022) kemarin, kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai kembali mengalami kebakaran. Yang terbakar, adalah Blok Cileutik, Blok Manguntapa, Blok Jalan...

Headline

KUNINGAN (MASS) – Sebuah insiden kebakaran terjadi pada Kamis (22/9/2022) malam tadi sekitar pukul 23.45 WIB. Kebakaran, terjadi pada sebuah pabrik pengolahan kayu di...

Advertisement